Jumat 04 Mar 2022 09:02 WIB

Ukraina Ajukan Tunda Pertandingan, Jadwal Irlandia Bisa Terganggu

Ukraina meminta FIFA dan UEFA menunda pertandingan play-off melawan Skotlandia.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Timnas Irlandia (ilustrasi)
Foto: EPA/MAST IRHAM
Timnas Irlandia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KYIV -- Pertandingan pembuka UEFA Nations League Irlandia di bulan Juni dapat terpengaruh oleh permintaan Ukraina menunda play-off Piala Dunia 2022. Asosiasi Sepak Bola Ukraina (UAF) pada Kamis (3/3/2022) secara resmi meminta FIFA dan UEFA menunda pertandingan play-off melawan Skotlandia di Hampden Park, 24 Maret karena invasi Rusia. Liga Ukraina pun telah dihentikan.

Pemenang dari babak play-off ini akan bertemu antara Austria atau Wales untuk memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia 2022 November mendatang. UAF berharap FIFA dan UEFA menyetujui permintaan penundaan hingga jeda internasional bulan Juni.

Baca Juga

Bulan Juni merupakan periode dimana Irlandia mempunyai jadwal empat pertandingan yakni melawan Ukraina dua kali (4 dan 14 Juni), Skotlandia (11 Juni) dan Armenia (7 Juni). 

Perjalanan Irlandia ke Ukraina pada 14 Juni kemungkinan akan selalu berubah. Opsi bisa terjadi laga tersebut diselenggarakan di tempat netral. Atau bisa jadi laga digelar September.

Jika jadwal Irlandia terganggu, mereka kemungkinan harus mencari lawan alternatif untuk mengisi pertandingan persahabatan di bulan Juni, dilansir dari Irish Examiner, Jumat (4/3/2022).

FIFA mengatakan telah mencari solusi tepat bersama UEFA dan UAF serta Asosiasi Sepak Bola Skotlandia (SFA). Seorang juru bicara mengatakan setelah mengonfirmasi permintaan Ukraina bahwa FIFA memiliki rasa solidaritas kepada semua orang terdampak perang di Ukraina. Namun pembaharuan mengenai solusi permintaan Ukraina akan ditentukan lebih lanjut.

Awal pekan ini Presiden SFA Rod Petrie menulis bahwa sepak bola tidak penting di tengah konflik. Itu sebuah pesan yang dikirimkan kepada rekannya di Ukraina.

Presiden Asosiasi Sepak Bola Irlandia (FAI) Gerry McAnaney mengatakan telah mengonfirmasi kepada rekan-rekannya di UAF bahwa FAI mendung Ukraina. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement