Jumat 04 Mar 2022 13:06 WIB

Barcelona akan Perpanjang Kontrak Dani Alves

Alves menandatangani kontrak berdurasi pendek ketika kembali ke Barcelona.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pemain FC Barcelona Dani Alves
Foto: EPA-EFE/MIGUEL ANGEL MOLINA
Pemain FC Barcelona Dani Alves

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona senang dengan kinerja bek veteran Dani Alves. Manajemen klub berencana memperpanjang kontraknya hingga musim panas 2024. Alves menandatangani kontrak berdurasi pendek ketika kembali ke Barcelona, November 2021. Kontrak tersebut akan berakhir pada musim panas ini.

Walaupun datang pada November, Alves baru bisa membela Barcelona pada Januari. Ia telah mencatatkan enam pertandingan dengan satu gol dan tiga assist.

Baca Juga

Alves adalah solusi bagi Xavi Hernandez meskipun pemain Brasil ini sudah berusia 38 tahun. Alves sangat berguna bagi Xavi sebagai pelatih. Komunikasi keduanya juga amat baik karena sama-sama berjasa terhadap kesuksesan Barcelona pada masa silam. Ketika itu, Xavi yang masih bermain merupakan jenderal lapangan tengah Barcelona, sementara Alves merupakan bek sayap yang eksplosif.

Xavi tahu cara terbaik menggunakan Alves meskipun usianya yang sudah tua membuatnya tak bisa menampilkan kembali permainan enerjik yang sama seperti beberapa tahun lalu. Untuk menyiasatinya, Alves dimainkan sebagai pemain sayap, bukan bek sayap kanan atau di belakang pemain sayap.

Pada satu kesempatan, Xavi menempatkan Alves tepat di sebelah Sergio Busquets. Itu artinya Xavi memanfaatkan kemampuan Alves bermain di banyak posisi.

Alves pun terbukti menjadi pemimpin yang baik. Bos-bos Barcelona bukan hanya terkesan kepada kemampuan bermainnya, melainkan juga rasa tanggung jawabnya yang tinggi. Klub menyukai bagaimana Alves menjaga diri di luar lapangan dan disiplin dalam menjaga makannya.

Alves terlihat sebagai pemimpin yang baik bagi skuad yang diisi pemain muda. Ia mendapatkan apresiasi atas sikap positifnya terhadap namanya yang tak masuk ke skuad Liga Europa.

Meski sudah tua, Alves masih punya ambisi menjadi bagian dari timnas Brasil di Piala Dunia 2022. Ia senang bertahan satu tahun lagi bersama Barcelona sehingga peluangnya membela Selecao di Qatar cukup terbuka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement