Sabtu 12 Mar 2022 23:02 WIB

City Terdepan dalam Perburuan Tanda Tangan Haaland

Sang ayah, Alf-Hinge Haaland, diketahui pernah memperkuat The Citizens.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Dortmund Erling Haaland
Foto: EPA-EFE/SASCHA STEINBACH
Pemain Dortmund Erling Haaland

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City dilaporkan telah bergerak untuk membujuk Erling Haaland untuk hijrah ke Stadion Etihad pada musim depan. Striker asal Norwegia itu pun disebut-sebut tertarik untuk berkiprah di Liga Primer Inggris bersama The Citizens. Berdasarkan lansiran Daily Mail, manajemen The Citizens sudah memulai pembicaraan dengan perwakilan Haaland. Pembicaraan ini membahas soal pemenuhan syarat-syarat personal terkait kemungkinan kepindahan penyerang berusia 21 tahun itu ke City. 

''Tidak hanya membahas soal upaya pemenuhan syarat-syarat personal, pertemuan itu juga kabarnya membahas skema kepindahan Haaland dari Borussia Dortmund ke City pada bursa transfer musim panas mendatang,'' tulis laporan Daily Mail, Sabtu (12/3/2022). 

Baca Juga

Buat Haaland, City bukanlah klub yang asing. Sang ayah, Alf-Hinge Haaland, diketahui pernah memperkuat The Citizens selama tiga tahun, tepatnya pada 2000 hingga 2003. Aspek kedekatan personal ini yang disebut-sebut dapat memuluskan rencana City merekrut eks penyerang RB Salzburg tersebut. 

Meski masih memiliki kontrak bersama Dortmund hingga 2024, Haaland dikabarkan sudah bisa ditebus pada awal musim depan dengan nilai klausa pelepasan mencapai 63 juta poundsterling. Angka ini kemungkinan besar bertambah lantaran City juga harus membayar komisi buat agen Haaland, Mino Raiola. 

Total, dengan berbagai bonus perekrutan dan nilai tebusan terhadap Dortmund, City digadang-gadang akan mengeluarkan dana sekitar 100 juta poundsterling untuk bisa memboyong Haaland. 

''Namun, dengan sokongan finansial dari Abu Dhabi United Group, City sepertinya tidak akan kesulitan mengeluarkan dana sebesar tersebut. Terlebih, Haaland merupakan salah satu pemain incaran utama City,'' lanjut laporan Daily Mail tersebut. 

Kondisi ini membuat City disebut-sebut berada dalam urutan terdepan dalam perburuan tanda tangan eks penyerang Molde tersebut. Sebelumnya, Barcelona, Paris Saint Germain, dan Real Madrid dilaporkan bernafsu untuk mendatangkan Haaland. Madrid bahkan memiliki ambisi besar untuk mendatangkan Haaland dan penyerang PSG, Kylian Mbappe, sekaligus pada awal musim depan. 

Sementara buat City, pemain yang telah mencetak 23 gol dari 20 penampklan pada musim tersebut memiliki profil yang sesuai dengan yang diiginkan pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Sebelumnya, pelatih asal Spanyol itu secara terbuka mengungkapkan harapanya soal kehadiran penyerang tengah di skuad City pada musim depan. Setelah kepergian Sergio Aguero pada awal musim ini, City memang tidak memiliki pemain yang berposisi asli sebagai penyerang tengah.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement