Senin 14 Mar 2022 18:14 WIB

Petr Cech Ragu Chelsea Bisa Selesaikan Liga Inggris Musim Ini Usai Kena Sanksi

Cech mengakui nasib klub bukan di pihak dirinya dan rekan-rekannya.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Mantan kiper Chelsea, Petr Cech.
Foto: EPA/Andi Rain
Mantan kiper Chelsea, Petr Cech.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan kiper Chelsea Petr Cech menyatakan keraguannya atas kemungkinan Chelsea bisa menyelesaikan Liga Inggris musim ini. Kondisi itu menyusul sanksi yang diberikan Pemerintah Inggris kepada pemilik Chelsea Roman Abramovich yang disebut-sebut dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Rusia mendapatkan sanksi dari banyak negara di dunia menyusul invasi ke Ukraina. Sehingga Chelsea pun tak luput dari sanksi karena Abramovic merupakan orang Rusia dan orang dekat Putin. Pemerintah Inggris memblokir akses dalam hal pendapatan.

Baca Juga

"Kami fokus pada hal-hal yang dapat kami kendalikan, membantu orang-orang dan mempersiapkan pertandingan. Itulah satu-satunya hal yang dapat kami kendalikan saat ini," kata Cech kepada Sky Sports menjelang pertandingan melawan Newcastle kemarin dilansir dari Sportskeeda, Senin (14/3/2022).

Kendati demikian, Cech mengatakan orang-orang di klub ingin membantu integritas Liga Inggris dan berusaha melakukan yang terbaik. Namun Cech mengakui nasib klub bukan di pihak dirinya dan rekan-rekannya.

Dan pertanyaan logis saat ini adalah apakah Chelsea bisa menyelesaikan musim ini. Untuk melanjutkan musim maka dibutuhkan bantuan semua orang.

Pemerintah Inggris baru-baru ini mengumumkan sedang mengerjakan lisensi yang memungkinkan the Blues tetap bersaing selama sanksi berlaku. Cech tak tahu tentang itu namun berharap hal tersebut dapat membantu klub membayar segala kewajiban kepada karyawannya.

“Saya tidak terlibat dalam pembicaraan dengan pemerintah tetapi klub berbicara setiap hari tentang lisensi. Kami berharap situasinya akan segera lebih jelas," ucap Cech.

Mantan kiper Republik Ceska tersebut berharap orang-orang yang bekerja untuk klub akan mendapatkan gaji dan tetap mendapatkan pekerjaan. Meskipun Cech sulit menjelaskan lebih detail karena tak mengetahui lisensi tersebut.

"Di tempat latihan kami mencoba untuk saling mendukung dan fokus di masa-masa sulit," ia menambahkan.

Masalah tersebut sepertinya tak menganggu konsentrasi pemain di lapangan. The Blues menang 1-0 atas Newcastle United setelah sebelumnya menang 2-0 atas Norwich City di liga. Selanjutnya, Chelsea akan menghadapi Lille di leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stade Pierre Mauroy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement