Selasa 15 Mar 2022 13:42 WIB

Marquez dan Joan Mir Dipastikan Ikut Parade MotoGP di Jakarta

Parade MotoGP akan start dari Istana Negara dan finish di Hotel Kempinski

Rep: Ali Mansur/ Red: Gita Amanda
Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez rencananya menjadi 1 dari sejumlah pembalap yang akan mengikuti parade di Jakarta. (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Andika Wahyu
Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez rencananya menjadi 1 dari sejumlah pembalap yang akan mengikuti parade di Jakarta. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association Cahyadi Wanda memastikan sebanyak 20 pembalap dari tim MotoGP, bakal mengikuti parade di Jakarta pada Rabu (16/3/2022) besok. Termasuk peraih enam gelar juara MotoGP, Marc Marquez dan juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir turut mengaspal di Jakarta.

Menurut Cahyadi, selain para pembalap MotoGP, parade ini juga bakal diikuti oleh peserta Moto2 dan Moto3, dua diantaranya pembalap Indonesia yang terjun di Moto3, yakni Mario Aji. Rencananya parade MotoGP tersebut akan start dari Istana Negara di Jalan Merdeka Utara dan finish di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat.

Baca Juga

"Ada 20 pembalap besok mulai dari Marc Marquez, Joan Mir, Bagnaia, Jack Miller. Jadi, totalnya akan ada 20 pembalap, termasuk juga di dalam rangkaian itu adalah pembalap moto3, dan juga pembalap ATC dari Indonesia," kata Cahyadi, saat ditemui di kawasan Monumen Nasional (Monas), Selasa (15/3/2022).

Rencananya, kata Cahyadi, parade akan diawal pertemuan para pembalap dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Pertemuan itu, kata dia, sebagai bentuk penghormatan atas tuan rumah race MotoGP dilaksanakan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 18 Maret mendatang. Setelah itu, Presiden Joko Widodo melepas secara resmi dan mengucapkan selamat bertanding.

Maka dengan demikian, kata Cahyadi, dapat dipastikan Presiden Jokowi tidak akan mengikuti parade pembalap MotoGP. "Besok rencananya Bapak Presiden (Joko Widodo) akan menerima para pembalap ini diawali dengan sarapan bersama lalu akan ada bincang-bincang sebentar di istana," kata Cahyadi.

Sementara itu, sebanyak 500 personel gabungan akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya parade para pembalap MotoGp dan juga Moto2, Rabu (16/3/2022) besok. Rencananya, parade MotoGP akan diikuti sekitar 80 pebalap, 80 motor, 20 dari tim MotoGP dan  Moto2. Di belakang rombongan pembalap MotoGP dan Moto2, nantinya akan diikuti oleh sekitar 60 motor dari pabrikan yang ada di Indonesia.

“Kami dari pihak polda metro jaya akan melaksanakan pengamanan jalur mulai dari istana negara sampai dgn kempinski. Kita akan melaksanakan penutupan jalur pada saat rombongan melintas, terutama dari arah utara ke arah selatan,” ungkap Sambodo,

Sedangkan yang dari arah berlawanan selatan ke utara tetap berjalan normal seperti biasa, tidak ada penutupan arus. Kemudian disepanjang jalan sepanjang rute, pusat perkantoran, hotel dan sebagainya bakal ditempatkan petugas untuk melaksanakan pagar betis. Hal itu dilakukan supaya jangan sampai ada penonton yang secara tiba-tiba nyelonong ke tengah-tengah parade.

“Kami dari PMJ mengimbau kepada masyarakat sebaiknya untuk menghindari dulu kawasan Jalan Thamrin ini dari jam 10.00 Wib sampai dengan jam 11.00 Wib,” imbau Sambodo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement