Kamis 17 Mar 2022 00:18 WIB

Conte Pastikan Posisi Son di Starting Line-Up Tottenham

Son dinilai punya kontribusi signifikan untuk Tottenham Hotspur.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Tottenham Hotspur Son Heung-min.
Foto: AP/Alastair Grant
Penyerang Tottenham Hotspur Son Heung-min.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Tottenham Hotspur Antonio Conte memastikan tidak akan mencoret Son Heung-min dari starting line-up Spurs. Pelatih asal Italia itu mengakui peran krusial penyerang asal Korea Selatan itu dalam permainan The Lilywhites. 

Son mulai kembali menempati satu tempat di tim inti Spurs usai pulih dari cedera hamstring, yang membekapnya Januari silam. Dalam tujuh laga terakhir di pentas Liga Primer Inggris, pemain berusia 29 tahun itu mengemas tiga gol dan dua assist. 

Baca Juga

Kendati begitu, Son gagal menyumbangkan gol ataupun assist saat Spurs dibekap Manchester United 2-3, akhir pekan lalu. Mantan gelandang serang Bayer Leverkusen itu pun diduga mulai mengalami kelelahan dan berimbas pada penurunan performa. Conte pun diharapkan bisa melakukan rotasi pemain, termasuk mengistirahatkan Son di laga berikutnya. 

Namun, Conte menolak saran tersebut. Menurut eks pelatih timnas Italia itu, Son adalah salah satu pemain terpenting di skuad Tottenham saat ini. Pemain yang mulai membela Spurs pada 2015 itu, tutur Conte, merupakan sosok yang bisa menentukan hasil akhir sebuah pertandingan. 

"Ada kalanya pemain tampil tidak dalam kondisi terbaiknya. Kita berbicara soal pemain yang selalu tampil sebagai starter. Buat saya, dia selalu bermain bagus dan hal itu tidak melulu bergantung pada torehan gol ataupun assist di sebuah laga,'' kata Conte seperti dilansir Football London, Rabu (16/4). 

Eks pelatih Chelsea itu mengakui, pertimbangan terbesarnya dalam menurunkan Son sebagai starter adalah kontribusi dan perannya dalam permainan tim secara keseluruhan. Begitu pula dengan komitmen yang ditunjukan Son di atas lapangan. Eks pemain Hamburg SV itu selalu berada dalam rencana permainan yang diusung Conte. 

"Jadi, dia harus memulai laga sebagai starter. Saya tidak pernah memiliki ide untuk mencoretnya dari daftar starting line-up. Itu tidak akan terjadi. Saya tidak cukup gila untuk melakukan hal seperti itu," kata mantan pelatih Inter Milan tersebut. 

Tottenham akan bertandang ke markas Brighton and Hove Albion, Stadion Falmer, dalam lanjutan Liga Primer Inggris yang berlangsung Kamis (17/3/2022) pukul 02.30 WIB. Jika tak ada halangan berarti, Son bakal tampil sejak sepak mula.

Peran dan kontribusi Son memang terbilang cukup besar buat Spurs, terutama dalam hal sumbangan gol dan assist. Merumput di 24 laga di pentas Liga Primer Inggris, Son telah mengemas 11 gol dan enam assist, termasuk tujuh gol dan lima assist dalam 13 partai terakhir. 

Dengan catatan ini, Son menempati peringkat kedua setelah penyerang Liverpool Mohamed Salah dalam daftar pemain yang paling sering terlibat dalam terjadinya gol di pentas Liga Primer Inggris. Total, Son telah terlibat secara aktif dalam 17 gol Tottenham sejauh musim ini berjalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement