Sabtu 19 Mar 2022 21:37 WIB

Ini yang Diminta Guardiola Jelang Laga Tandang ke Southampton

kami harus beradaptasi dengan cepat untuk imbangi pergerakan pemain Southampton

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola melihat sebelum pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Manchester City dan Sporting Lisbon di Stadion City of Manchester di Manchester, Inggris, Rabu, 9 Maret 2022.
Foto: AP/Dave Thompson
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola melihat sebelum pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Manchester City dan Sporting Lisbon di Stadion City of Manchester di Manchester, Inggris, Rabu, 9 Maret 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City terus menjaga asa untuk bisa meraih tiga gelar (treble winners) sekaligus pada musim ini. Upaya The Citizens ini akan berlanjut saat melawat ke markas Southampton pada babak perempat final Piala FA, Ahad (20/3) malam WIB.

Kendati gagal menjaga keunggulan poin di klasemen sementara, The Citizens masih memimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris. The Citizens unggul satu poin dari Liverpool, yang terus menguntit di peringkat kedua.

Baik City dan Liverpool pun sama-sama telah memainkan 29 laga di pentas Liga Primer Inggris. Sementara di pentas Liga Champions, juara bertahan Liga Primer Inggris itu akan berhadapan dengan juara La Liga musim lalu, Atletico Madrid.

Rencananya, leg pertama babak delapan besar kompetisi paling bergengsi antar klub Eropa itu akan digelar pada awal bulan depan.

Namun, sebelum mengalihkan fokus ke usaha mempetahankan gelar juara Liga Primer Inggris dan bertahan di Liga Champions, The Citizens harus menghadapi tantangan dari Southampton di babak perempat final Piala FA.

Lawatan ke Stadion Saint Mary itu pun rasanya datang di saat yang kurang tepat buat The Citizens. Pasalnya, Kevin de Bruyne dan kawan-kawan memetik hasil kurang memuaskan di dua laga terakhir di semua ajang.

Setelah ditahan imbang Sporting Lisbon, 0-0, di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, The Citizens harus puas berbagi angka dengan Crystal Palace di lanjutan Liga Primer Inggris setelah bermain imbang, 0-0.

Pelatih City, Pep Guardiola, pun memiliki tuntutan khusus kepada anak-anak asuhnya di laga kontra The Saints. Terlebih, di dua laga terakhir kontra tim besutan Ralph Hassenhuttl itu, City tidak pernah bisa menang dengan memetik hasil imbang di dua kali pertemuan di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

''Kami harus bisa fokus pada detail-detail kecil di laga tersebut. Organisasi permainan dan pergerakan pemain mereka sangat berbeda dengan Crystal Palace.”

“Karena itu, kami harus bisa beradaptasi dengan cepat untuk mengimbangi pergerakan pemain-pemain mereka,'' ujar Guardiola seperti dilansir laman resmi klub.

Pelatih asal Spanyol itu juga menekankan soal pertaruhan besar The Citizens di laga kontra The Saints tersebut. Partai ini tidak kalah krusial dengan laga-laga yang akan dihadapi City di ajang Liga Primer Inggris dan Liga Champions.

Selain itu, tidak hanya kembali ke trek kemenangan, City bisa langsung memastikan langkah ke babak semifinal Piala FA apabila berhasil membungkam The Saints di laga ini.

Alhasil, laga ini merupakan salah satu dari laga yang menjadi final buat The Citizens pada penghujung musim ini. ''Sejak dua bulan lalu, saya telah berkata, setiap laga akan menjadi laga final buat kami.”

“Di Liga Primer Inggris, di Liga Champions, dan tentu saja di laga ini. Kami harus bisa mempertahankan identitas permainan kami,'' kata eks pelatih Barcelona tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement