Kamis 24 Mar 2022 19:24 WIB

Kalahkan Australia, Jepang Lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2022

Jepang mengalahkan timnas Australia 2-0

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
Gelandang timnas Jepang, Shinji Kagawa (kiri) merayakan gol ke gawang Kolombia, Selasa (19/6).
Foto: Twitter/@FIFAWorldCup
Gelandang timnas Jepang, Shinji Kagawa (kiri) merayakan gol ke gawang Kolombia, Selasa (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Timnas Jepang memastikan lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022 Zona Asia setelah mengalahkan timnas Australia 2-0 pada lanjutan laga ke-9 Grup B di Stadion Australia, Sydney, Kamis (24/3) petang WIB tadi.

Kedua gol Tim Samurai Biru dicetak melalui pemain pengganti Karou Mitoma pada menit ke-89 dan menit ke-90+4. Brace Mitoma jadi pembeda sekaligus penentu Jepang tampil ketujuh kali di kejuaraan Piala Dunia.

Berkat hasil ini Jepang berada di posisi pertama klasemen dengan perolehan angka 21 dari tujuh menang, dan dua kekalahan. Posisi kedua ditempati Arab Saudi yang mengumpulkan nilai 19.

Australia sendiri saat ini menempati kursi ketiga dengan catatan nilai 15 meraih empat menang, tiga imbang, pun dua kekalahan. Nantinya, the Socceroos akan menjalani partai penentu babak play-off zona-konfederasi versus tim peringkat lima dari Conmebol.

Pertandingan baru terasa panas ketika memasuki menit ke-20. Kedua tim saling jual beli serangan dengan memanfaatkan serangan balik cepat. Tim tamu mencatat delapan tembakan dengan dua tembakan mengarah tepat ke gawang lawan. Sedangkan Australia menorehkan lima tembakan dengan dua peluang emas yang mengarah tepat ke gawang Jepang.

 

Australia sempat mencetak gol lewat tandukan Sainsbury pada menit ke-25. Sayang, wasit menganulir gol tersebut lantaran pemain Australia lebih dahulu melakukan pelanggaran kepada kiper Jepang, Shuichi Gonda.

 

Dua menit berselang giliran tim Samurai Biru mencoba peruntungan melalui Takumi Minamino. Penyerang Liverpool itu melepas tembakan mendarat usai mendapat umpan silang Junya Ito. Sayang bola melebar ke kiri gawang Mathew Ryan.

 

Minamino kembali meneror gawang Tim Kanguru, tandukannya pada menit ke-31 nyaris merobek gawang. Sayang dewi fortuna masih belum berpihak kepada Jepang dengan bola membentur mistar gawang Socceroos.

 

Australia mempunyai kesempatan tembakan dari jarak jauh pemain muda Melbourne City, Connor Metcalfe membentur kaki bek Jepang mengubah arah bola sempat mengecoh pergerakan kiper Shuichi Gonda, namun laju bola melebar ke sisi kiri.

 

Hingga peluit turun minum berbunyi skor kacamata untuk pertandingan Jepang melawan Australia masih bertahan. Kedua tim jelas akan melakukan beberapa rotasi untuk bisa memaksimalkan peluang mencetak gol.

Beralih ke interval kedua, Jepang kembali menunjukkan dominasinya di awal paruh kedua. Samurai Biru terpantau unggul dari segi penguasaan bola. Hal ini membuat Socceroos makin tertekan.

Meski demikian, beberapa ancaman timnas Jepang masih dapat dihalau dengan baik oleh pertahanan Australia. Memasuki menit ke-80, gelombang serangan timnas Jepang makin masif menggedor pertahanan Australia.

Namun, solidnya lini pertahanan Australia membuat Takumi Minamino dan kolega garuk-garuk kepala. Hajime Moriyasu mengganti Minamino dengan Kaoru Mitoma untuk mempertajam lini depan.

Strategi ini pun berhasil, Kaoru Mitoma memecah kebuntuan usai menerima umpan matang Miki Yamane menit ke-89. Seusai gol tersebut, Samurai Biru makin percaya diri untuk melakukan serangan.

Hasilnya manis, Mitoma kembali mencatatkan namanya di papan skor pun menggandakan keunggulan Jepang. Pada akhirnya, Negeri Matahari Terbit sukses mengatasi perlawanan Tim Kanguru dengan skor 2-0.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement