Senin 04 Apr 2022 13:48 WIB

Louis van Gaal Umumkan Diri Terkena Kanker Prostat

Van Gaal untuk pertama kalinya mengumumkan penyakit yang dideritanya

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar
Louis Van Gaal
Foto: REUTERS/John Sibley
Louis Van Gaal

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM --Pelatih tim nasional Belanda Louis van Gaal, mengungkapkan kalau dirinya sedang menjalani perawatan untuk kanker prostat.

Pelatih berusia 70 tahun itu rencananya memimpin skuad Belanda ke putaran final Piala Dunia Qatar, dimana mereka akan satu grup dengan Senegal, Ekuador dan tuan rumah.

Mantan pelatih Manchester United itu untuk pertama kalinya mengumumkan penyakit yang dideritanya tersebut. Ia bahkan tidak memberitahu pemainnya selama jeda internasional kalau sedang menjalani perawatan kanker.

''Mereka (pemain) tidak tahu. Mereka melihat rona merah di pipi saya dan berpikir, 'betapa sehatnya (orang) itu'. Tentu saja tidak demikian. Saya tidak ingin menceritakannya kepada pemain saya, karena itu bisa mempengaruhi penampilan mereka,'' ucap Van Gaal, dikutip dari Sportsmole, Senin (4/4).

Van Gaal cerita, selama menjadi manajer tim nasional, ia harus pergi ke rumah sakit pada malam hari, tanpa diketahui para pemainnya sampai sekarang. Sebab ia merasa saat itu masih sehat-sehat saja. Namun ternyata kondisinya tidak sebaik yang dipikirkannya.

''Saya telah melalui banyak penyakit, termasuk dengan istri saya sendiri. Jadi itu hanya bagian dari kehidupan. (Saya) sebagai manusia mungkin menjadi lebih kaya karena semua pengalaman itu,'' ungkap dia.

Van Gaal pun mendapat dukungan dari mantan klub yang pernah dilatihnya, seperti Manchester United dan Barcelona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement