Selasa 12 Apr 2022 14:45 WIB

Kenny Dalglish Usul Ukraina Lolos Langsung Piala Dunia 2026

Dalglish menilai Ukraina dalam tekanan jika dipaksakan berlaga di playoff.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kenny Dalglish, legenda sepak bola Skotlandia dan Liverpool,
Kenny Dalglish, legenda sepak bola Skotlandia dan Liverpool,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda sepak bola Skotlandia Kenny Dalglish mengusulkan Ukraina lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Ini sebagai niat baik dalam menghadapi penderitaan negara tersebut karena invasi Rusia yang berimbas kepada tim nasional sepak bola mereka.

Skotlandia saat ini menunggu laga kontra Ukrania di semifinal playoff Piala Dunia. Pemenang laga ini akan bertemu Wales di Cardiff untuk memperebutkan tiket berlaga di Qatar.

Baca Juga

Saat ini, FIFA telah menjadwalkan pertandingan tersebut di Hampden pada 31 Mei atau 1 Juni dan final di Wales pada 5 Juni. Namun rencana ini masih belum pasti.

Dalglish memberi solusi menyerahkan tiket ke Piala Dunia 2026 di AS, Meksiko, dan Kanada untuk Ukraina sebagai penghiburan karena absennya di Qatar 2022. Secara tidak langsung, Dalglish mengusulkan tim sepak bola negaranya langsung berhadapan dengan Wales di final playoff Jalur A.

“Anda harus sangat menghormati para pemain dan asosiasi sepak bola Ukraina. Bukan salah mereka berada di posisi mereka sekarang. Sebagian besar skuat tidak bermain di sana, tetapi mereka masih memiliki keluarga di sana yang sangat terpengaruh. Saya pikir tidak adil untuk menempatkan mereka di bawah tekanan dengan cara, bentuk, atau bentuk apa pun," ujar Dalglish dikutip dari Scottish Daily Express, Selasa (12/4).

Untuk itu, di Piala Dunia berikutnya Ukraina bisa langsung lolos. Ukraina tidak perlu mengikuti kualifikasi.

"Itu akan menjadi cara untuk menunjukkan rasa hormat Anda dan pada saat yang sama bergerak maju dengan Piala Dunia ini. Saya pikir akan lebih baik, jika mereka menginginkan solusi untuk itu,” kata legenda Liverpool ini.

Proposal lain adalah menggabungkan playoff dan pertandingan Liga Bangsa-Bangsa yang dijadwalkan pada 7 Juni. Namun ide itu akan merugikan Asosiasi Sepak Bola Skotlandia (SFA) sekitar 2 juta poundsterliang dalam pendapatan penjualan tiket yang hilang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement