Selasa 19 Apr 2022 16:21 WIB

Belum Resmi Jadi Pelatih United, Ten Hag Sudah Enggan Ikuti Saran Ferguson

Secara khusus, Ten Hag lebih memilih menurunkan Brian Bobbey.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Ajax Erik ten Hag
Foto: EPA-EFE/MARIO CRUZ
Pelatih Ajax Erik ten Hag

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag, kian santer bakal menukangi tim utama Manchester United pada musim depan. Pelatih asal Belanda itu dilaporkan sudah mencapai kata sepakat dengan manajemen United. Pun dengan kesepakatan antara United dengan Ajax Amsterdam selaku klub pemilik Ten Hag.

Kabarnya, United tinggal mengumumkan secara resmi perekutan pelatih asal Belanda tersebut. Kendati begitu, belum juga resmi menjabat pelatih United, Ten Hag dinilai sudah menunjukan perbedaan pandangan dengan pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Baca Juga

Pelatih berusia 52 tahun itu pun kedapatan sudah melanggar sejumlah aturan dasar dan saran dari Ferguson terkait pilihan pemain. Pada awal musim ini, Ferguson sempat mengkritik keputusan Ole Gunnar Solksjaer, yang saat itu masih menukangi Setan Merah.

Pada saat itu, Solskjaer memutuskan untuk tidak menurunkan pengoleksi lima gelar Ballon d'Or, Cristiano Ronaldo. Keputusan ini direspon Ferguson. Menurut pelatih tersukses di sepanjang sejarah United itu, seorang pelatih seharusnya menurunkan pemain terbaik yang dia miliki di dalam sebuah laga.

''Namun, Ten Hag sudah kedapatan melanggar ''aturan'' Ferguson tersebut, tepatnya saat memimpin Ajax di partai final Piala Belanda, akhir pekan lalu. Ten Hag tidak menurunkan Sebastian Haller dan Andre Onana sebagai starter di laga tersebut,'' tulis laporan Express, Selasa (17/4/2022).

Ujungnya, De Godenzonen menyerah, 1-2, dari PSV Eindhoven dalam laga di Stadion De Kuip, Rotterdam, tersebut. Ajax pun gagal mempertahankan titel Piala Belanda dan harus merelakan trofi tersebut direbut oleh salah satu rival terkuatnya di pentas sepak bola Belanda tersebut.

Secara khusus, Ten Hag lebih memilih menurunkan Brian Bobbey, yang baru tampil di enam laga pada musim ini, sebagai starter di laga tersebut. Ten Hag justru mencoret Haller, yang tampil impresif sejak didatangkan dari West Ham United pada awal musim ini.

Haller tercatat telah mengemas 33 gol dan sembilan assist dari 38 pertandingan di semua ajang pada musim ini. Di partai final Piala Belanda, penyerang berusia 27 tahun itu baru diturunkan pada menit ke-72 saat Ajax sudah tertinggal, 1-2, dari PSV.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement