Sabtu 23 Apr 2022 20:32 WIB

Arsenal Buat Manchester United Jadi Pecundang di Emirates

Arsenal mengalahkan MU 3-1

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
Pemain Arsenal Eddie Nketiah, kedua kiri merayakan dengan rekan setimnya setelah mencetak gol pembuka dalam pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Chelsea dan Arsenal di Stamford Bridge di London, Rabu, 20 April 2022.
Foto: AP/Frank Augstein
Pemain Arsenal Eddie Nketiah, kedua kiri merayakan dengan rekan setimnya setelah mencetak gol pembuka dalam pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Chelsea dan Arsenal di Stamford Bridge di London, Rabu, 20 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal berhasil mengamankan tiga poin dari pertandingan melawan Manchester United pada lanjutan Liga Primer Inggris di Emirates Stadium, Sabtu (23/4/2022) sore WIB. The Gunners kini unggul tiga poin dari Tottenham Hotspur di peringkat ke-4 klasemen sementara Liga Inggris.

Arsenal memulai dengan baik dalam penguasaan bola di separuh lapangan Manchester United. Tanpa butuh waktu lama, tim tuan rumah berhasil memperoleh keunggulan melalui gol Nuno Tavares di menit ketiga ketika ia memaksimalkan bola rebound dari upaya Saka yang ditepis De Gea.

Manchester United juga menciptakan peluang di menit keenam melalui kerjasama Ronaldo dan Elanga di kotak penalti dan tersisa Ramsdele untuk dihadapi. Namun, upaya itu gagal karena kiper berhasil menghentikan pergerakannya.

Di menit ke-23, MU kembali menciptakan peluang. Dalot melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti tapi itu hanya membentur mistar gawang Ramsdale. Bola rebound setelah itu berhasil disapu dari area pertahanan Arsenal.

Seluruh kemudian, tuan rumah melancarkan serangan balik. Kombinasi serangan berhasil menembus pertahanan MU dengan Nketiah lolos dari offside. Ia langsung melepaskan tembakan ke gawang tapi De Gea berhasil menepisnya.

Arsenal kembali menyarangkan bola ke gawang MU di menit ke-27 melalui upaya dari Nketiah. Namun, setelah meninjau VAR wasit memutuskan Nketiah berada dalam posisi offside. Tapi sebagai gantinya Arsenal mendapat hadiah penalti dari pelanggaran Telles kepada Saka. Saka mengambil penalti tersebut dan membawa Arsenal unggul dua angka.

Tapi Manchester United dengan cepat memperkecil ketertinggalan mereka di menit ke-34 melalui gol yang diciptakan oleh Ronaldo. Berawal dari umpan terobosan oleh Matic ke sisi kiri, Ronaldo berhasil melewati Tavares dan Gabriel untuk menjebloskan bola ke gawang Arsenal. Kedudukan berubah menjadi 1-2 untuk MU.

Kedua tim bermain dengan intens di sepuluh menit terakhir. Wasit memberikan tambahan waktu lima menit. Tapi tidak ada perubahan skor hingga turun minum. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Arsenal 2-1 atas MU.

Manchester United kehilanganbanyak peluang di babak kedua. Peluang pertama dimiliki saat wasit memberikan hadiah penalti di menit ke-57 karena pelanggaran oleh Tavares kepada Matic. Fernandes yang mengambil tanggung jawab tersebut gagal memaksimalkannya. Tendangannya membentur tiang sebelah kiri.

Selanjutnya di menit ke-60 Ronaldo berhasil menyarangkan bola ke gawang Arsenal ketika ia menerima umpan di mulut gawang Ramsdele. Ia dengan mudah menceploskan bola tapi golnya dianulir oleh wasit karena Ronaldo dianggap berada dalam posisi offside.

Sejurus kemudian, Ramsdele kembali melakukan penyelamatan penting saat MU melakukan serangan balik dengan cepat. Ronaldo memberikan umpan ke sisi kanan saat melihat Dalot berlari, Dalot langsung melepaskan tembakan ke tiang dekat tapi Ramsdele menepisnya, bola pun hanya membentur tiang.

MU semakin tertinggal di menit ke-70 saat Xhaka mencetak gol ketiga untuk Arsenal. Berawal dari pergerakan Elneny yang berhasil merebut bola dan memberikannya kepada Xhaka. Ia langsung melepaskan tembakan ke gawang dari luar kotak penalti. De Gea gagal mengamankan bola yang mengarak ke sudut kanan tersebut.

Susunan pemain kedua tim:

Arsenal  (4-2-3-1): Aaron Ramsdale; Cedric Soares, Ben White, Gabriel, Nuno Tavares; Mohamed Elneny, Granit Xhaka, Bukayo Saka, Martin Odegaard, Emile Smith Rowe, Eddie Nketiah.

Manchester United  (4-2-3-1): David De Gea; Diogo Dalot, Victor Lindelof, Raphael Varane, Alex Telles; Nemanja Matic, Scott McTominay; Jadon Sancho, Bruno Fernandes, Anthony Elanga, Cristiano Ronaldo.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement