Selasa 26 Apr 2022 06:30 WIB

Ketua KOI Tegaskan Asian Games 2022 Sesuai Jadwal

Pejabat OCA mengonfirmasi Asian Games Hangzhou tetap digelar pada 10-25 September.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Logo Asian Games 2022 di Hangzhou, Cina.
Foto: VCG/China Daily
Logo Asian Games 2022 di Hangzhou, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan gelaran Asian Games 2022 Hangzhou, Cina berjalan sesuai jadwal. Hal ini menjawab isu yang beredar bahwa multievent terbesar di Asia itu akan ditunda.

Okto, sapaan karib Raja Sapta Oktohari, mengeluarkan statemen setelah mengonfirmasi langsung kepada Dewan Olimpiade Asia (OCA). Melalui sambungan telepon ke salah seorang pejabat OCA, Okto menanyakan kepastian penyelenggaraan multievent empat tahunan paling bergengsi di Asia tersebut. Dalam pembicaraan tersebut, OCA menjelaskan Asian Games Hangzhou tetap berlangsung sesuai jadwal, yakni 10-25 September.

Baca Juga

“Kami mendapatkan konrifmasi dari OCA. Mereka menyampaikan isu tersebut tidak benar,” kata Okto dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id. 

“OCA juga menerangkan sudah berkoordinasi dengan Hangzhou Asian Games Organising Committee terkait persiapan, baik itu media meeting hingga persiapan menuju Asian Games seperti fun run dan lainnya.”

 

Asian Games 2022 Hangzhou merupakan pesta olahraga terakbar kawasan kontinental Asia edisi ke-19. Ini merupakan kali ketiga China menjadi tuan rumah Asian Games, setelah sebelumnya penyelenggaraan berlangsung di kota Beijing (1990) dan Guangzhou (2010).

Okto menyayangkan beredarnya isu penundaan Asian Games Hangzhou. Dengan adanya konfirmasi dari OCA, Okto meminta pihak-pihak lain tidak membuat rumor ini menjadi bola panas, yang dikhawatirkan dapat mengganggu persiapan atlet-atlet Indonesia. 

“Kami mengimbau kepada pengurus federasi nasional, atlet, hingga ofisial untuk tetap dapat fokus menyiapkan diri maksimal. Kita hanya memiliki empat bulan lagi menuju Asian Games,” kata Okto.

Okto mengatakan, Indpnesia harus tetap fokus meningkatkan prestasi olahraga di kancah Asia. Dari Asian Games Hangzhou, kita harus bersama-sama membuktikan bahwa Indonesia dapat menjadi lebih baik lagi bagi pembinaan olahraga Indonesia,” kata dia menegaskan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement