Rabu 01 Jun 2022 07:07 WIB

Zinchenko Menangis, Tersentuh Rencana Dukungan Suporter Skotlandia Saat Lawan Ukraina

Ukraina hadapi Skotlandia pada semifinal playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa Jalur A.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pemain Ukraina Oleksandr Zinchenko
Foto: EPA-EFE/ANDREW YATES
Pemain Ukraina Oleksandr Zinchenko

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Bek kiri timnas Ukraina Oleksandr Zinchenko tidak bisa menyembunyikan rasa haru saat mendengar rencana pendukung timnas Skotlandia untuk ikut menyanyikan lagu kebangsaan Ukraina di Stadion Hampden Park, Kamis (2/5) dini hari WIB. Kedua tim akan saling berhadapan di laga semifinal babak playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Jalur A. 

Sembari berair mata, bek kiri Manchester City itu mengucapkan terima kasih terhadap pendukung Skotlandia atas rencana tersebut. Itu merupakan bentuk dukungan supporter Skotlandia terhadap Ukraina, yang masih diinvasi Rusia hingga saat ini. 

Baca Juga

Nantinya, pendukung Skotlandia di laga tersebut akan mendapatkan selembar lagu berisi lagu kebangsaan Ukraina. Pada suporter tim tuan rumah itu akan ikut menyanyikan lagu kebangsaan Ukraina bersama para penggawa Ukraina sebelum laga tersebut digelar. 

"Saya menerima inisiatif dengan sangat terbuka. Kita harus bersama-sama dalam melawan agresi Rusia. Kita mesti berusaha mengalahkan iblis. Jadi, ini merupakan inisiatif dan gestur yang sangat luar biasa," ujar Zinchenko seperti dikutip Metro, Rabu (1/6/2022). 

Bek kiri berusia 25 tahun itu mengaku, tidak pernah bisa membayangkan membela Ukraina di atas lapangan hijau saat negara kelahirannya tersebut digempur oleh pasukan Rusia. Zinchenko pun meminta dukungan dan mendorong semua pihak untuk bekerja sama dalam menyelesaikan konflik Ukraina dan Rusia, yang telah dimulai sejak Februari silam. 

Meski situasi perang masih terjadi di negaranya, Zinchenko cukup yakin tetap mendapatkan dukungan dari warga Ukraina. Untuk itu, jebolan akademi Shakthar Donetsk itu bertekad untuk mengantarkan Ukraina meraih kemenangan di laga ini dan semakin dekat menuju putaran final Piala Dunia 2022. 

"Saya yakin, seluruh Ukraina akan menyaksikan dan mendukung kami. Kami akan merasakan dukunga itu, Kami bisa berbicara banyak, tapi pembuktiannya di atas lapangan. Kami ingin meraih kemenangan dan membuat orang Ukraina bisa bangga," ujar Zinchenko. 

Apabila berhasil melewati adangan Skotlandia, Ukraina akan melangkah ke babak final playoff kualifasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Di partai final, Ukraina sudah ditunggu oleh Wales, yang sukses menyingkirkan Austria. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement