Ahad 05 Jun 2022 09:03 WIB

Puji Soliditas Tim Muda Italia, Hansi Flick Akui Jerman Banyak Melakukan Kesalahan

Menurut Flick, Jerman tidak menerapkan apa yang dipraktikkan di tempat latihan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Jerman, Hansi Flick.
Foto: EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI
Pelatih timnas Jerman, Hansi Flick.

REPUBLIKA.CO.ID, BOLOGNA -- Tim nasional (timnas) Jerman memulai petualangan di Liga A Grup 3 UEFA Nations League musim 2022/2023 dengan mengunjungi markas Italia. Kedua kubu bermain imbang 1-1 di Stadion Renato Dall'Ara, Bologna, Ahad (5/6/2022) dini hari WIB.

Tim tamu di atas angin. Sejak awal Der Panzer diunggulkan meraih hasil maksimal. Itu karena tuan rumah dalam proses transisi.

Baca Juga

Pelatih Gli Azzurri, Roberto Mancini, membuat 10 perubahan dari skuad yang kalah 0-3 melawan Argentina beberapa hari lalu. Kini Mancini mengandalkan sejumlah pemain muda. Ada Gianluca Scamacca, Sandro Tonali, Davide Frattesi, hingga Alessandro Bastoni.

Fakta demikian menandai era baru sepak bola Negeri Spaghetti. Dari bangku cadangan, sang arsitek tim menampilkan beberapa jugador belia seperti Degnand Wilfried Gnonto, Tommaso Pobega, Matteo Cancellieri, serta Samuele Ricci.

"Italia jauh lebih padu dan terlatih dengan baik dari yang kami duga. Jadi sangat positif, kami bisa langsung menyamakan kedudukan," kata pelatih Jerman, Hansi Flick, dalam konferensi persnya setelah pertandingan, dikutip dari Football Italia.

Tuan rumah unggul terlebih dahulu lewat sontekan Lorenzo Pellegrini pada menit ke-70. Tiga menit kemudian, tembakan keras jarak dekat Joshua Kimmich membuat Der Panzer menyamakan kedudukan. Kubu tamu memiliki lebih banyak peluang dan penguasaan bola.

Namun Italia memberikan perlawanan berkelas. Para worderkid tampil solid menghadapi sosok berpengalaman seperti Timo Werner, Thomas Mueller, Kimmich, Leroy Sane, Leon Goretzka, Antonio Rudiger, hingga Niklas Sule.

"Italia bermain sangat baik, dan kami membuat terlalu banyak kesalahan dalam membangun serangan. Kami kekurangan intensitas dan soliditas di pertahanan. Itu area yang perlu kami tingkatkan," ujar Hansi Flick.

Menurut Flick, Jerman tidak menerapkan apa yang dipraktikkan di tempat latihan. Bukan pertama kalinya anak asuhnya berada dalam situasi demikian.

Flick menginginkan perubahan. Selanjutnya Die Mannschaft menghadapi Inggris.

Pada kesempatan yang sama, eks juru taktik Bayern Muenchen ini turut mengomentari era baru di timnas Italia. Ia berpendapat Mancini akan cepat menuai hasil positif. Ia mengaku sebagai salah satu pengagum allenatore 57 tahun itu.

"Azzurri memiliki semua yang dibutuhkan untuk memulai kembali, dan merekonstruksi era penting lainnya," jelas Flick.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement