Senin 06 Jun 2022 08:15 WIB

Misi Selecao Tebas Samurai Biru

Brasil punya rekor luar biasa vs Jepang, menang 10 kali dan tak kalah dalam 12 laga.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas Brasil saat merayakan kemenangan.
Foto: AP Photo/Ahn Young-joon
Para pemain timnas Brasil saat merayakan kemenangan.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Menjajal kekuatan salah satu tim terbaik di belahan timur dunia menjadi misi timnas Brasil dalam mempersiapkan diri tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. Kali ini Selecao bersiap menantang tuan rumah Jepang pada laga persahabatan yang berlangsung di Japan National Stadium, Senin (6/6) petang WIB.

Partai ini jadi agenda kedua armada Tite dalam safarinya ke negeri Asia Timur. Sebelumnya, Brasil berhasil menumpas Korea Selatan (Korsel) dengan skor 5-1 di Stadion Seoul tengah pekan kemarin.

Baca Juga

Selepas kekalahan pada partai final Copa America atas Argentina tahun lalu, Brasil memasuki kampanye untuk Piala Dunia 2022 alias babak Kualifikasi zona Conmebol dengan rangkaian positif.

Sang Kenari Kuning berhasil menduduki posisi teratas klasemen dengan tak terkalahkan dalam 17 laga. Selecao bahkan terbilang sangat produktif dalam mencetak total 17 gol dan satu kebobolan dari lima partai terakhir.

Berbekal sederet hasil ciamik, Neymar Jr dkk bakal difavoritkan untuk memenangkan pertandingan versus Jepang. Terlebih Samurai Biru tak memiliki catatan membanggakan saat bersua Brasil.

Brasil memiliki rekor luar biasa melawan Jepang dan telah memenangkan 10 dari 12 pertandingan yang dimainkan antara kedua belah pihak. Pun, Jepang belum pernah mengalahkan Brasil dan akan berusaha menciptakan momen penting dalam sejarah sepak bola Negeri Matahari Terbit.

Neymar yang mencetak dua dari lima gol Brasil ke gawang Korsel mengatakan, timnya memiliki tekad yang besar untuk bisa memenangkan laga di setiap permainan.

"Ini jadi maraton kami untuk benar-benar bertarung di Piala Dunia, dan saya pun rekan setim memiliki ambisi yang besar untuk itu," ujar pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu.

Pelatih Brasil Tite nantinya belum dapat menurunkan Gabriel Magalhaes, Gabriel Martinelli, serta kiper Ederson Moraes yang masih membutuhkan pemulihan kebugaran. Sementara Alisson Becker, Rodrygo, Vinicius Junior, pun gelandang tengah Liverpool Fabinho yang diistirahatkan pada laga kontra Korsel, kali ini akan tersedia.

Di kubu tuan rumah Jepang baru saja menunjukkan kualitasnya usai menaklukkan tim asal Amerika Selatan Paraguay dengan skor 4-1. Kemenangan itu jadi sinyal untuk Brasil agar tidak memandang sebelah mata pasukan Hajime Moriyasu.

Keempat gol Jepang dicetak oleh Takuma Asano, Daichi Kamada, Kaoru Mitoma, serta Ao Tanaka. Itu membuktikan bahwa setiap pemain Samurai Biru dapat mencetak gol sekaligus mengancam gawang Alisson Becker.

"Brasil tentu memiliki rasa hormat dari setiap tim lain, di samping materi pemain yang luar biasa. Tetapi kami juga memiliki hal sama dan para pemain dalam kondisi sangat baik," kata pelatih Jepang, Hajime Moriyasu.

Andai Jepang mampu mengantongi hasil positif dari Brasil, praktis hal itu menjadi suntikan motivasi Takumi Minamino dkk jelang semifinal Kirin Cup versus Ghana pada 10 Juni 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement