Kamis 09 Jun 2022 11:53 WIB

Robert Lewandowski Menangkan Sepatu Emas Eropa

Ini menjadi trofi kedua yang didapatnya selama dua tahun berturut-turut.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski meraih Sepatu Emas Eropa setelah jadi pencetak gol terbanyak dari liga-liga top Eropa,
Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski meraih Sepatu Emas Eropa setelah jadi pencetak gol terbanyak dari liga-liga top Eropa,

REPUBLIKA.CO.ID, MUNCHEN -- Striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski kembali memenangkan Sepatu Emas Eropa sebagai pencetak gol terbanyak di Benua Biru. Ini menjadi trofi kedua yang didapatnya selama dua tahun berturut-turut.

Dilansir laman Bundesliga, Kamis (9/6/2022), Lewandowski mencetak 35 gol di Bundesliga selama musim 2021/2022. Angka ini menurun dibandingkan jumlah golnya musim lalu sebanyak 41 gol.

Baca Juga

Pemain berusia 33 tahun itu berhasil menyalip beberapa saingannya, seperti Kylian Mbappe (Paris Saint Germain) dengan 28 gol, serta Ciro Immobile (Lazio) dan Karim Benzema (Real Madrid) dengan 27 gol.

Tingginya produktivitas gol Lewandowski pun turut membantu Bayern mempertahankan gelar Bundesliga untuk ke-10 kalinya selama 10 tahun berturut-turut. Dia mengukir rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Bundesliga selama lima kali beruntun dengan total tujuh kali selama berseragam Muenchen.

Penyerang timnas Polandia ini menjadi pemain Bayern kedua yang memenangkan Sepatu Emas Eropa setelah sebelumnya didapatkan Gerd Muller pada musim 1969/1970 dan 1971/1972. Selain 35 gol di Bundesliga, Lewandowski turut mencatatkan 13 gol di Liga Champions UEFA dan dua kali di Piala Super Jerman dengan total 50 gol di semua kompetisi.

Ini musim ketujuh Lewandowski menghasilkan lebih dari 40 gol setiap musimnya. Rekor ini masih kalah dari Lionel Messi dengan 10 musim dan Cristiano Ronaldo dengan delapan musim.

Selama memperkuat Bayern, Lewandowski mencetak 344 gol dari 374 pertandingan. Dia pun memiliki jumlah gol kedua terbanyak sepanjang sejarah Bundesliga dengan 312 gol dalam 383 penampilan di Bundesliga. Posisi pertama ditempati Gerd Muller dengan 365 gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement