Kamis 16 Jun 2022 19:45 WIB

Kevin/Marcus Terhenti di Babak 16 Besar Indonesia Open 2022

Empat wakil Indonesia sudah tersisih di babak 16 besar.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia (the Minions) Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) dan Marcus Fernaldi Gideon (kiri).
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia (the Minions) Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) dan Marcus Fernaldi Gideon (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berstatus pemain nomor satu dunia serta juara Indonesia Open 2021 tak lantas membuat Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melangkah mulus. Ganda putra andalan Indonesia itu harus tersingkir di babak 16 besar Indonesia Open 2022.

Berlaga di Istora Senayan Jakarta, Kamis (16/6/2022), pasangan berjuluk the Minions itu kalah dari wakil Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, dua gim langsung 14-21, 12-21 dalam waktu 34 menit.

Baca Juga

Pada laga ini, juara bertahan Indonesia Open itu bermain kurang apik dengan banyak melakukan kesalahan sendiri. Baik Marcus maupun Kevin tercatat banyak melakukan kesalahan sendiri. Selepas laga, the Minions mengakui lawannya yang merupakan pasangan ranking 56 dunia itu lebih tangguh.

Tidak heran sepanjang laga, juara Korea Open 2022 itu unggul sepanjang laga dan mengatasi perlawanan Kevin/Marcus di babak kedua turnamen bulu tangkis BWF level 1000.

"Lawan hari ini bermain sangat baik daripada kami. Mereka tampil menekan dan kami nantinya akan berusaha lagi melakukan yang terbaik di turnamen berikutnya," ujar Marcus.

Kekalahan the Minions di laga ini bukan diakibatkan kondisi Marcus yang masih dalam tahap pemulihan cedera. Pemain kelahiran 9 Maret 1991 itu mengaku saat ini sudah lebih baik kondisinya dari turnamen sebelumnya.

Pada turnamen terakhir di Indonesia Masters 2022, Marcus/Kevin yang memulai debutnya selepas cedera sampai di babak semifinal sebelum akhirnya kalah dari wakil Cina ranking 424 dunia, Liang Wei Keng/Wang Chang, dengan skor 17-21, 10-21.

"Kondisi kaki lumayan sudah 80 persen, jauh lebih baik dari pekan kemarin. Pergerakan saya sekarang lebih baik tapi memang persiapan pertandingan kami belum maksimal," jelas Marcus.

Selepas kekalahan di turnamen Indonesia Open 2022, Marcus/Kevin rencananya akan melakukan recovery untuk menghadapi turnamen padat berikutnya di Malaysia dan Singapura.

Rencananya, peraih medali emas Asian Games 2018 itu bertekad meraih hasil terbaik mengingat kondisi keduanya baru kembali selepas tiga bulan vakum akibat pemulihan cedera.

Kekalahan yang diderita Kevin/Marcus menambah wakil Indonesia yang tersisih di babak 16 besar Indonesia Open 2022 menjadi empat.

Sebelumnya empat wakil Indonesia terlebih dahulu tersisih, yakni Jonatan Christie (tunggal putra), Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (ganda putri), Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra), serta Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran).

Pada babak kedua, Jojo takluk di tangan wakil Cina, Zhao Jun Peng lewat pertarungan rubber game 12-21, 21-18, 14-21. Ana/Tiwi mengalami kekalahan dari ganda ranking dua dunia asal Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan 23-25, 11-21.

Sementara, Leo/Daniel langkahnya terganjal unggulan delapan Indonesia Open 2022 asal Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, dengan skor 18-21, 21-16, dan 15-21.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement