Ahad 26 Jun 2022 21:10 WIB

Athletic Bilbao Dilaporkan Segera Tarik Kembali Ernesto Valverde

Ernesto Valverde yang dipecat Barcelona pernah menangani Bilbao.

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah
Ernesto Valverde
Foto: EPA-EFE/Enric Fontcuberta
Ernesto Valverde

REPUBLIKA.CO.ID, BILBAO -- Mantan pelatih Barcelona Ernesto Valverde dikabarkan bakal segera kembali ke Athletic Bilbao. Padahal, sebelumnya Bilbao diisukan sedang mengincar Marcelo Bielsa. Valverde sudah menganggur sejak dipecat Barcelona pada pertengahan musim 2019/20.

Pelatih berusia 58 tahun itu sempat dikaitkan dengan Manchester United tahun lalu, sebelum akhirnya kalah bersaing dengan Ralf Rangnick. Dikutip dari 90min, Ahad (26/6/2022), kini sepertinya Valverde akan kembali bereuni dengan mantan klubnya.

Baca Juga

Klub asal Basque itu baru saja menyelesaikan pemilihan presiden mereka, dengan Jon Uriarte muncul sebagai pemenang. Uriarte pun berjanji akan membawa Valverde kembali ke klub sebagai bagian dari targetnya. Inaki Arechabaleta, salah satu kandidat yang kalah, berjanji akan membawa Bielsa jika memenangkan pemilihan.

Mantan pelatih Leeds itu menghabiskan dua tahun bersama Bilbao, dan membawa mereka ke final Liga Europa dan Copa del Rey pada 2011/201. Namun, dengan kekalahan Inaki, maka Bilbao kemungkinan besar akan menjadikan Valverde sebagai pelatih baru mereka.

Valverde, yang menghabiskan empat tahun di Bilbao antara 2013 dan 2017, akan kembali ke San Mames dengan modal yang lebih baik dibandingkan saat dipecat Barcelona. Ia memang sering disalahkan atas performa buruk Barca. Namun ia membuat Barca juara La Liga Spanyol dua kali berturut-turut. Sejak ditinggal Valverde, Barcelona hanya memenangkan satu trofi yaitu Copa del Rey. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement