Selasa 28 Jun 2022 19:34 WIB

Polemik Kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia

Keberhasilan Israel lolos ke Piala Dunia U-20 membuat masyarakat Indonesia terbelah.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Berbagai gejolak terjadi setelah timnas Israel memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023.
Foto:

Andai saja Indonesia memilih untuk tetap bertanding melawan Israel bukan tidak mungkin skuad Garuda berpeluang besar untuk melaju ke putaran final Piala Dunia 1958 di Swedia.

Namun, timnas Indonesia justru memilih menolak bertanding melawan Israel sehingga tiket untuk lolos ke Piala Dunia 1958 raib. Keputusan ini diambil karena instruksi langsung dari Presiden Soekarno.

Alasan dasar Soekarno untuk menarik pasukan Garuda Merah Putih dari atas lapangan karena masalah politis, yaitu solidaritas untuk Palestina. Indonesia menolak bertanding di kandang Israel dan permohonan Indonesia untuk bertanding di tempat netral juga ditolak Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Akhirnya Indonesia memutuskan mengundurkan diri.

Tak hanya di dunia kulit bundar, penolakan untuk bertanding melawan Israel juga sempat terjadi pada cabang olahraga tenis di babak grup Piala Federasi 2006 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement