Jumat 08 Jul 2022 15:37 WIB

Timnas Indonesia U-19 Wajib Menang Kontra Filipina demi Menjaga Asa

Timnas Indonesia U-19 punya catatan mentereng setiap melawan Filipina.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, saat memberikan arahan.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, saat memberikan arahan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas sepak bola Indonesia U-19 akan menghadapi Filipina pada laga lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022) malam WIB. Tim asuhan Shin Tae-yong wajib meraih kemenangan di dua laga tersisa agar mempunyai kans untuk lolos dari fase grup.

Tim Merah Putih saat ini berada di peringkat keempat klasemen sementara Grup A, dengan Vietnam dan Thailand memimpin dengan tujuh poin di urutan pertama dan kedua. Selanjutnya, Myanmar di posisi ketiga dengan perolehan enam poin. Sementara Indonesia baru mengoleksi lima poin dari hasil menang sekali dan imbang dua kali.

Baca Juga

Filipina memang sudah dipastikan tak akan lolos dari fase grup. Pasalnya, tim asuhan Christopher Pedimonte itu belum mengoleksi satu poin pun dan meskipun meraih kemenangan di dua laga tersisa, itu tak akan berarti apa-apa bagi tim berjuluk the Young Azkals.

Sebelumnya Filipina kalah 0-1 melawan Thailand, kemudian kalah 1-4 kontra Vietnam, dan yang terakhir kalah 1-3 versus Myanmar. Motivasi pemain Filipina seharusnya sudah hancur setelah melihat fakta tersebut.

Namun demikian, pemain muda Indonesia tetap tidak boleh menganggap remeh lawan selama pertandingan. Skuad Garuda Muda justru harus memanfaatkan momen ini dan sebisa mungkin dapat memastikan kemenangan dengan mencetak banyak gol.

Di sisi lain, dalam catatan pertemuan kedua tim, skuad Garuda Muda punya hasil yang terbilang mentereng. Dalam tiga pertemuan di kelompok umur U-19, Indonesia selalu meraih kemenangan dengan selisih gol yang signifikan. Pertama pada tahun 2013 Indonesia menang 2-0, selanjutnya 4-1 pada 2018, dan 7-1 di edisi 2019.

Namun, skuad Garuda Muda diprediksi akan kehilangan playmaker andalan Marselino Ferdinan di laga ke depan setelah mengalami cedera dalam laga melawan Thailand. Shin Tae-yong, juru taktik asal Korea Selatan, harus memutar otak untuk mengisi peran yang ditinggalkan Marselino dan menggunakan strategi yang cocok dengan komposisi pemain yang ada.

"Feeling saya tidak baik, dikhawatirkan Marselino tidak bisa main untuk pertandingan ke depan," kata Shin tentang Marselino, Rabu (6/7/2022). "Untuk laga melawan Filipina akan kami pikirkan. Sebenarnya posisi pelatih tidak gampang. Kami harus memikirkan strategi dan taktik ke depannya, termasuk mencari pengganti Marselino."

Apalagi, lanjut Shin, koordinasi permainan timnas Indonesia U-19 tampak berantakan sepeninggalan Marselino di babak kedua saat melawan Thailand. Hal itu membuktikan bahwa peran Marselino sangat penting bagi tim. Bagaimana pun, ia berjanji akan memikirkan strategi terbaik untuk melawan Filipina nanti.

Setidaknya Shin punya pilihan empat pemain untuk menggantikan posisi Marselino, yakni Muhammad Ferrari, Arkhan Fikri, Ferdiansyah Cecep, dan Rafli Asrul.

Nama pertama menjadi pemain yang paling tepat. Ferrari juga merupakan pemain yang diwaspadai pelatih Thailand, Salvador Garcia. Marselino dan Ferrari bahkan secara bergantian dipercaya sebagai kapten oleh Shin.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement