Jumat 08 Jul 2022 22:08 WIB

Livescore; Timnas Indonesia U-19 Hujani Gawang Filipina dengan Lima Gol

Indonesia kini wajib memenangkan laga lawan Myanmar untuk lolos dari Grup A.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Timnas Indonesia U-19 Subhan Fajri (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Filipina U-19 Cian Gabriel (kanan) dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022).
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Pesepak bola Timnas Indonesia U-19 Subhan Fajri (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Filipina U-19 Cian Gabriel (kanan) dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Timnas Indonesia U-19 berhasil mengamankan poin penuh saat melawan Filipina pada laga lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (8/7/2022) malam WIB. Skuad Garuda Muda meraih kemenangan telak 5-1 dengan di antaranya hattrick dari Rabbani Tasnim.

Kedua tim bermain agresif sejak menit awal pertandingan. Percobaan pertama dilakukan Alfriyanto Nico di menit keempat dengan melepaskan umpan langsung ke depan gawang dari sisi kanan serangan. Namun, bola lebih mengarah ke kiper dan dapat diamankan dengan mudah oleh Lance.

Baca Juga

Subhan Fajri mencoba membuka ruang bagi skuad Garuda Muda dari sisi kanan. Dia membangun serangan dari sisi kanan dan langsung melepaskan umpan crossing ke tengah gawang, Edgard yang berdiri bebas menyambut dengan tandukan namun masih meleset di sisi kanan gawang.

Indonesia mendapat hadiah penalti di menit ke-12 saat Subhan dilanggar di area terlarang. Rabbani yang mengeksekusi tendangan dari titik putih berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Sepakannya ke sisi kanan gawang gagal terbaca oleh Lance. Skor 1-0 untuk Indonesia. 

Meski sudah unggul, Garuda Muda masih terus mengancam gawang Filipina. Beberapa peluang berhasil diciptakan, baik dari permainan terbuka maupun situasi bola mati. Di menit ke-18 Zanadin melepaskan umpan terobosan, namun laju bola masih terlalu deras sehingga Lance bisa menyambar lebih dulu dari pada Subhan.

Filipina akirnya memberikan ancaman ke gawang Indonesia di menit ke-25. Setelah lemparan ke dalam yang membuat Cahya kesulitan, Filipina mendapat hadiah tendangan sudut. Namun, mereka justru semakin tertinggal saat Indonesia melancarkan serangan balik cepat. Umpan terobosan dari Rabbani berhasil dimaksimalkan oleh Alfriyanto Nico. Skor 2-0 untuk Indonesia.

Tanpa butuh waktu lama, Filipina berhasil memperkecil keteringgalan di menit ke-29. Justin Lawrence berhasil memanfaatkan kesalahan komunikasi antara pemain belakang Indonesia di area kotak penalti. Justin yang berhasil mencuri bola langsung melepaskan tembakan ke gawang dan gagal diantisipasi oleh Cahya. Skor berubah 1-2 untuk Filipina. 

Di menit ke-40 Indonesia kembali mendapat hadiah penalti setelah pelanggaran terhadap Zanadin di area terlarang. Rabbani yang kembali bertugas sebagai eksekutor tendangan titik putih berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik untuk membawa Indonesia unggul 3-1.

Di babak kedua, Indonesia berhasil menambah keunggulan dengan cepat di menit ke-49 melalui situasi tendangan sudut. Rabbani menyelesaikan umpan sepak pojok dengan tandukan langsung ke gawang untuk menciptakan hattrick atas namanya sendiri sekaligus membawa Indonesia unggul 4-1.

Indonesia masih terus bermain menyerang. Garuda Muda akhirnya memperlebar kedudukan menjadi 5-1 di menit ke-71. Gol kali ini berawal dari serangan yang dibangun Ronaldo dari tengah melewati beberapa pemain belakang sebelum mengoper kepada Alfriyanto yang lanjut mengumpan ke Razzaa. Setelah mengecoh satu pemain Razzaa berhasil membobol gawang Filipina. Skor 5-1.

Filipina juga tak menyerah untuk memperkecil keteringgalan mereka. The Young Azkals beberapa kali mendapat peluang dari tendangan pojok maupun permainan terbuka, namun belum ada yang membuahkan gol hingga 90 menit waktu normal. Tidak ada tambahan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement