Senin 18 Jul 2022 08:45 WIB

Timnas Basket Indonesia Butuh Dukungan untuk ke Piala Dunia, Malam Ini Hidup Mati Vs Cina

Laga nanti jadi satu-satunya jalan bagi Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Sejumlah suporter meneriakkan dukungan untuk tim nasional basket Indonesia saat melawan tim nasional Australia dalam dalam babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (16/7/2022). Australia menang atas Indonesia dengan skor 78-53.
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Sejumlah suporter meneriakkan dukungan untuk tim nasional basket Indonesia saat melawan tim nasional Australia dalam dalam babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (16/7/2022). Australia menang atas Indonesia dengan skor 78-53.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dukungan mengalir buat Timnas Basket Indonesia, yang bakal melakoni babak playoff Piala Asia Bola Basket 2022, Senin (18/7/2022) petang WIB. Suara dukungan itu pun datang dari sejumlah selebritas Tanah Air. Mulai dari komika atau stand cup comedian, Kemal Pahlevi dan Ernest Prakasa, komedian, Andre Taulany, pembawa acara, Gading Marten, hingga selebgram, Erika Carlina, ikut memberikan memberikan dukungan buat Marques Bolden dan kawan-kawan. 

Selebritas itu juga meminta masyarakat Indonesia, khususnya para pencinta bola basket, untuk ikut memberikan dukungan buat Timnas Basket Indonesia. Rencananya, Timnas Basket Indonesia akan berduel dengan Cina di babak playoff, yang bakal digelar di Istora, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Senin (18/7/2022) petang WIB.

Baca Juga

Kemenangan di laga ini akan mengantarkan Indonesia ke babak perempat final sekaligus memastikan satu tiket di Piala Dunia Bola Basket 2023. ''Ayo kita dukung Timnas Basket Indonesia di Istora, Senayan, yang hari ini akan menjalani partai yang akan menentukan, apakah timnas basket kita akan masuk FIBA World Cup untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Jadi, ayo kita dukung bareng-bareng,'' ujar Kemal Pahlevi dalam sebuah unggahan video, Senin (18/7/2022). 

Hal serupa juga diungkapkan Andre Taulany. Mantan vokalis grup band, Stinky, tersebut, meminta masyarakat Indonesia untuk ikut memberikan dukungan buat Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2022. ''Kalau kita bisa mengalahkan Cina, maka kita akan lolos ke FIBA World Cup 2023. Semangat Timnas. Beat China,'' kata Andre Taulany. 

Sementara komika, Ernest Prakasa, juga ikut menyuarakan dukungan terhadap Timnas Basket Indonesia. ''Teman-teman ayo dukung Timnas Basket kita di Istora, Senin 18 Juli. Kita harus mengalahkan Cina supaya lolos ke Piala Dunia,'' tutur Ernest. 

Selebgram, Erika Carlina, pun berharap, masyarakat Indonesia bisa memberikan dukungan langsung ke Timnas Basket Indonesia, yang bakal berlaga di Istora. ''Kita ramaikan Istora Senayan. Kita dukung timnas kita supaya menang lawan Cina. Jadi, dukungan dan kehadiran kalian ditunggu-tunggu banget supaya Indonesia menang dan bisa masuk ke Piala Dunia 2023,'' kata Erlika. 

Kendati finish di peringkat ketiga Grup A usai menelan dua kekalahan dan satu kemenangan dari tiga laga, Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke babak perempat final Piala Asia Bola Basket 2022 via babak playoff. Marques Bolden dan kawan-kawan sudah ditunggu Cina, yang finish di peringkat kedua di babak penyisihan Grup B. Tidak hanya itu, apabila berhasil melaju ke babak perempat final, Indonesia juga dipastikan bakal tampil di Piala Dunia Bola Basket 2023. 

Meski gagal total di babak kualifikasi, Indonesia berpeluang tampil di Piala Dunia Bola Basket lewat keberhasilan finish di delapan besar Piala Asia 2022. Terlebih, di gelaran Piala Dunia Bola Basket 2023, yang bakal digelar Agustus 2023 mendatang, Indonesia terpilih menjadi salah satu tuan rumah, bersama Jepang dan Filipina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement