Selasa 19 Jul 2022 11:05 WIB

Ditinggal Empat Pemain Sekaligus dalam Sebulan, Skuad Napoli Berpotensi Kembali Berkurang

Kontrak anyar yang belum juga ditandatangani membuat situasi Napoli pelik.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Fabian Ruiz dari Napoli mengontrol bola selama pertandingan sepak bola Serie A antara Napoli dan AC Milan, di stadion Diego Armando Maradona di Naples, Italia, Ahad, 6 Maret 2022.
Foto: Alessandro Garofalo/LaPresse via AP
Fabian Ruiz dari Napoli mengontrol bola selama pertandingan sepak bola Serie A antara Napoli dan AC Milan, di stadion Diego Armando Maradona di Naples, Italia, Ahad, 6 Maret 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Napoli sudah kehilangan empat pemain sekaligus pada bursa transfer musim panas kali ini. Selain kepergian Dries Mertens, David Ospina, dan Lorenzo Insigne, I Partenopei juga telah ditinggal bek tengah asal Senegal, Kalidou Koulibaly. 

Kecuali Koulibaly yang hijrah ke Chelsea dengan nilai transfer mencapai 40 juta euro, semua pemain tersebut meninggalkan Napoli dengan status free transfer. Manajemen I Partenopei gagal membujuk tiga pemain tersebut untuk menandatangani kontrak anyar dan akhirnya menyudahi kerja sama dengan I Partenopei. 

Baca Juga

Kendati begitu, ancaman kepergian penggawa di tim utama masih terus membayangi klub asal Italia Selatan tersebut. Adalah gelandang tengah asal Spanyol, Fabian Ruiz, yang disebut-sebut tengah menjadi bidikan sejumlah klub asal Inggris dan Spanyol. 

Dari pentas La Liga, Barcelona dan Real Madrid sempat dilaporkan tertarik memboyong gelandang tengah berusia 26 tahun tersebut. Begitu pula dengan keinginan Real Betis untuk memboyong kembali Ruiz. 

Sebelum direkrut Napoli pada 2018, Ruiz sempat empat musim menghuni tim utama Betis, termasuk saat mengantarkan klub asal Andalusia itu promosi ke La Liga pada akhir musim 2014/2015. Sementara dari daratan Inggris, Arsenal dan Manchester United dikabarkan membuka kemungkinan untuk memboyong Ruiz. 

Jebolan akademi sepak bola Betis itu bahkan sempat menjadi incaran utama The Gunners saat bursa transfer musim panas ini resmi dibuka pada pertengahan bulan lalu. Kemunculan rumor kepergian Ruiz ini tidak terlepas dari buntunya negosiasi perpanjangan kontrak antaran manajemen I Partenopei dengan perwakilan gelandang timnas Spanyol. 

Ruiz dikabarkan terus menolak tawaran kontrak anyar tersebut, terutama soal kemungkinan penurunan gaji dan durasi kontrak. Padahal, kontrak Ruiz tinggal tersisa setahun lagi. Direktur Olahraga Napoli, Cristiano Giuntoli, mengungkapkan upaya perpanjangan kontrak Ruiz terus dilakukan. 

Sejumlah pertemuan pun telah digelar dengan perwakilan Ruiz. Kendati begitu, Giuntoli mengakui, Ruiz tengah mempertimbangkan berbagai kesempatan yang ada di bursa transfer pemain. Namun, Giuntoli menegaskan, sikap I Partenopei soal kemungkinan kepindahan pemain yang telah mengemas 166 penampilan dalam empat musim terakhir membela Napoli tersebut. I Partenopei, tutur Giuntoli, bertekad untuk bisa mempertahankan Ruiz. 

''Kami terus berkomunikasi dengan perwakilannya beberapa kali dalam sepekan. Semuanya berlangsung dengan santai dan nyaman. Mereka ingin mempertimbangkan kesempatan di bursa transfer. Namun, kami juga mengevaluasi langkah yang akan kami ambil. Kami akan semaksimal mungkin untuk bisa mempertahankan dia,'' ujar Giuntoli seperti dilansir Football Italia, Selasa (19/7/2022)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement