Sabtu 23 Jul 2022 04:38 WIB

Tour de Siak 2022 tak Ikutkan Pembalap Sepeda Internasional

Tour de Siak menjalani 4 etape.

Rep: Febrian fachri/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah pebalap sepeda beradu kecepatan di kawasan jembatan Siak pada balapan Tour de Siak . (ilustrasi)
Foto: Antara/Rony Muharrman
Sejumlah pebalap sepeda beradu kecepatan di kawasan jembatan Siak pada balapan Tour de Siak . (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Sport Tourism Tour de Siak (TdSi) 2022 akan digelar di Provinsi Riau pada bulan November 2022. Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat, mengatakan pada tahun ini ajang ini tanpa diikuti peserta dari luar negeri. 

Roni menyebut  untuk peserta yang akan mengikuti TdSi, merupakan rekomendasi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pusat. Pembalap dari negara luar tidak diikut sertakan mengingat situasi pandemi covid-19 masih belum sepenuhnya usai.

Baca Juga

“Dari ISSI peserta tahun ini luar negeri tidak ada. Dalam syarat dan pendaftaran ada poin-poin yang sudah ditentukan ISSI. Dan tidak sembarang pesarta,” kata Roni Rakhmat, Jumat (22/7/2022).

Roni menjelaskan pihaknya telah menyepakati Tour de Siak menjalani 4 etape. Etape pertama city race Kota Siak dan pembukaan di Siak, etape kedua Siak-Pelalawan, etape ketiga Pelalawan-Pekanbaru, dan etape keempat city race Kota Pekanbaru.

“Setelah dari pihak kabupaten kota menyanggupi, direncanakan rute yang disiapkan baru di ekapose ke ISSI pusat. Lalu, Tim ISSI akan turun meninjau apakah sesuai standar atau tidak. Setelah itu baru dikeluarkan rekomendasi prosedurnya," ujar Roni. 

Roni menyebut penyelenggaraan TdSi tahun ini sudah mendapat persetujuan dari United Cycliste Internationale (UCI).

Ia menyinggung soal hadiah yang disiapkan untuk events Tour de Siak, Roni menyatakan, jika pihaknya telah menyiapkan anggaran lebih kurang Rp400 juta. 

"Total hadiah yang kita siapkan sekitar Rp 400 juta. Untuk peserta events Tour de Siak tahun ini, ISSI sudah menghubungi kita bahwa tahun ini peserta dari luar negeri tidak ada. Karena semua events balap sepeda di Indonesia tidak ada peserta dari asing," ujar Roni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement