Ahad 24 Jul 2022 14:06 WIB

Indonesia Day dan Gol Istimewa Asnawi Mangkualam di Liga Korsel

Gol tersebut merupakan gol pertama Asnawi di K-League 2.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Bek timnas Indonesia yang kini membela klub Korsel, Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Bek timnas Indonesia yang kini membela klub Korsel, Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam.

REPUBLIKA.CO.ID, ANSAN -- Bek kanan Ansan Greeners Asnawi Mangkualam menjadi buah bibir masyarakat Indonesia sekaligus perlahan memikat penggemar Ansan Greeners setelah ia mencetak gol spektakuler ke gawang Gimpo FC dalam lanjutan K-League 2 di Ansan Wa Stadium, Sabtu (23/7/2022). Dalam pertandingan yang dimenangkan Ansan 3-1, Asnawi bergerak menusuk dari sisi kanan menyisir garis 16 dan melakukan tembakan kaki kiri yang tak bisa dihalau sempurna oleh kiper Gimpo.

Ini merupakan gol pertama Asnawi di K-League 2. Pemain asal Indonesia itu tampak bahagia dengan berlari arah pendukung Indonesia yang hadir ke stadion. Gol tersebut juga istimewa bagi Asnawi karena Ansan memainkan pertandingan kandang dengan tema ‘Indonesia Day’.

Baca Juga

Dikutip dari laman resmi klub, Ahad (24/7/2022), Ansan dan Indonesia memang menjalin hubungan baik satu sama lain. Asnawi merupakan pemain Indonesia pertama di K-League atau Liga Korea Selatan (Korsel).

Pada saat yang sama, banyak pekerja Indonesia yang bekerja di Ansan. Hingga Juni tahun ini, ada sekitar 960 WNI yang tinggal di Kota Ansan. Itu sebabnya banyak penggemar Indonesia berduyun-duyun datang ke pertandingan kandang Ansan dengan tema ‘Indonesia Day’.

Acara ini diselenggarakan bersama dengan KB Kookmin, bank yang menandatangani kerja sama promosi sejak akhir tahun lalu. KB Kookmin berusaha masuk ke pasar Indonesia dengan mengamankan 67 persen saham di Bank Bukopin Indonesia pada tahun 2020. Itu sebabnya dalam pertandingan tersebut nuansa Indonesia sangat kental dihadirkan seperti iklan yang ditampilkan.

Kemudian klub Ansan juga merayakan hari istimewa itu dengan menjual makanan tradisional Indonesia serta zona foto Asnawi di dekat kursi E sebelum pertandingan. Selama jeda pertandingan juga digelar pertunjukan tari Reok, sebuah tarian tradisional asli Indonesia.

Tarian Reok yang ditampilkan membuat suporter Indonesia bersorak bangga. Dan mereka juga menikmati pertandingan dan semua acara yang digelar meskipun diguyur hujan deras. Sejumlah atribut suporter klub Indonesia juga menghiasai di laga tersebut yakni Arema Indonesia.

Aji Prase salah satu fan Arema, itu mengakui Asnawi memang tak pernah berseragam Arema. Tetapi bagi dia dan seluruh orang Indonesia yang tinggal di Korea akan selalu mendukung pemain Indonesia yang berkarier di Korea tanpa memandang asal klubnya di Tanah Air.

“Semua orang Indonesia berpikiran sama. Kalau ada pemain Indonesia di Korea, saya coba dukung dengan satu hati. Fan Arema FC pada hari ini juga orang-orang yang tinggal di Korea,” kata Aji.

Aji dan kawan-kawannya mencoba mengubah suasana di stadion layaknya di Indonesia yakni menabuh drum dan bersorak-sorak memberikan dukungan. Sesuatu yang tak ia lakukan sebelumnya. Tetapi katanya pertandingan yang mengusung tema ‘Indonesia Day’ begitu spesial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement