Rabu 03 Aug 2022 07:34 WIB

Bern Leno Selesaikan Transfer dari Arsenal ke Fulham

Fulham membayar Rp 144 miliar ke Arsenal untuk mendapatkan Bernd Leno.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penjaga gawang Bernd Leno pindah dari Arsenal ke Fulham.
Foto: AP Photo/Rui Vieira, Pool
Penjaga gawang Bernd Leno pindah dari Arsenal ke Fulham.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjaga gawang Bernd Leno telah meninggalkan Arsenal untuk bergabung dengan tim promosi Liga Primer Inggris 2022/2023 Fulham. Kepastian ini didapatkan dari pemgumuman resmi klub, dikutip dari ESPN, Rabu (3/8/2022).

Fulham akan membayar biaya awal sebesar 3 juta poundsterling, dengan 1 juta lagi menyusul berdasarkan penampilan di Liga Premier. Arsenal akan menerima tambahan 2 juta poundsterling jika Fulham mempertahankan status Liga Premier mereka musim ini dan 2 juta lagi jika mereka melakukan hal yang sama pada musim berikutnya, yang berarti total paket bisa bernilai hingga 8 juta pounds atau sekitar Rp 144 miliar.

Baca Juga

"Rasanya luar biasa akhirnya bisa berada di sini. Saya tidak sabar untuk bergabung dengan tim, untuk berlatih dan bermain dengan tim," kata Leno, yang telah menandatangani kontrak tiga tahun dengan opsi klub untuk 12 bulan ke depan, dikutip dari ESPN.

"Saya lega semuanya sudah selesai. Saya senang berada di sini. Butuh sedikit waktu tetapi pada akhirnya kami berhasil, dan itu yang paling penting," ujar dia. 

Leno kehilangan posisi sebagai starter di Arsenal menyusul kedatangan Aaron Ramsdale pada musim panas lalu. Peran pemain Jerman itu akan semakin berkurang setelah Arsenal merekrut kiper internasional Amerika Serikat Matt Turner dari New England Revolution.

Leno tiba di Arsenal pada 2018 dari Bayer Leverkusen dalam kesepakatan senilai 22 juta poundsterling (Rp 397 miliar). Setelah menjadi pilihan pertama di bawah mistar dalam tiga musim pertamanya, pemain berusia 30 tahun itu hanya membuat empat penampilan di Liga Primer musim lalu.

Leno adalah penandatanganan keempat Fulham sejak mengamankan tikt promosi dari Divisi Championship pada musim lalu. Ia bergabung dengan gelandang Joao Palhinha dan Andreas Pereira serta bek Kevin Mbabu.

"Bernd Leno adalah kiper yang kami kejar dengan gigih sepanjang jendela transfer ini, dan kami sangat senang telah mencapai kesepakatan transfer. Dia sekarang berkomitmen penuh untuk Fulham," kata Wakil Ketua dan Direktur Operasional Sepak Bola Fulham Tony Kahn.

"Dia telah bermain di level tertinggi, dan dia akan membawa pengalaman dan kepemimpinannya ini ke tim kami. Dia akan menjadi tambahan yang bagus untuk skuad Marco (Silva), yang semuanya bersemangat untuk musim depan," kata dia menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement