Kamis 25 Aug 2022 19:21 WIB

Satu Tahun Menuju FIBA World Cup 2023, Raffi Ahmad Diperkenalkan Sebagai Local Ambassador

Pemilihan Raffi adalah hasil koordinasi antara panitia pelaksana lokal dengan FIBA.

Local Ambassador FIBA World Cup 2023 Raffi Ahmad berfoto bersama dengan maskot resmi FIBA World Cup 2023 JIP usai konferensi pers terkait pelaksanaan FIBA World Cup 2023 di Jakarta, Kamis (25/8/2022). Raffi Ahmad resmi ditunjuk menjadi local ambassador FIBA World Cup 2023. Prayogi/Republika
Foto: Prayogi/Republika.
Local Ambassador FIBA World Cup 2023 Raffi Ahmad berfoto bersama dengan maskot resmi FIBA World Cup 2023 JIP usai konferensi pers terkait pelaksanaan FIBA World Cup 2023 di Jakarta, Kamis (25/8/2022). Raffi Ahmad resmi ditunjuk menjadi local ambassador FIBA World Cup 2023. Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Pelaksana FIBA Basketball World Cup 2023 Indonesia memperkenalkan Raffi Ahmad sebagai local ambassador event bola basket terbesar dunia tersebut di Jakarta pada Kamis (25/8/2022). Raffi terpilih menjadi ambassador untuk Indonesia, yang merupakan salah satu dari tiga tuan rumah FIBA Basketball World Cup 2023 selain Jepang dan Filipina. Perkenalan Raffi kepada publik juga bertepatan dengan satu tahun menuju tip-off FIBA Basketball World Cup 2023.

Ketua Joint Management Committee (JMC) FIBA Basketball World Cup 2023 Cahyadi Wanda mengatakan, Raffi terpilih setelah melalui berbagai tahapan dari panitia lokal dan FIBA. Menurut Cahyadi, seorang ambassador harus memiliki image yang baik, keterikatan dengan bola basket, dan punya banyak fans. 

Baca Juga

"Pemilihan Raffi adalah hasil dari koordinasi antara panitia pelaksana lokal dengan FIBA. Setelah seleksi yang cukup panjang, akhirnya terpilih Raffi sebagai local ambasador FIBA Basketball World Cup 2023," kata Cahyadi.

Cahyadi menyampaikan terima kasih kepada Raffi yang bersedia untuk menjadi ambassador FIBA Basketball World Cup 2023. Menurut Cahyadi, komitmen Raffi mendukung kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi bola basket antarnegara sejagat ini tidak setengah-setengah. 

Cahyadi menambahkan, selain memperkenalkan local ambassador, panitia lokal juga masih punya satu agenda lagi, yakni meluncurkan Jam Hitung Mundur Tissot FIBA Basketball World Cup 2023 pada Minggu, 28 Agustus 2022, di Bundaran HI, Jakarta. "Tema event nanti adalah Win for All," kata dia.

Raffi berterima kasih diajak menjadi bagian dari sejarah FIBA World Cup 2023 di Indonesia. "Saya merasa terhormat dan bangga terpilih menjadi ambassador FIBA World Cup 2023 untuk Indonesia. Ini jadi porto folio saya untuk bola basket dan Merah-Putih," kata Raffi.

Ia mengaku tak perlu banyak berpikir untuk menerima tawaran menjadi ambassador. Sebab, menurut dia, semua WNI pasti dalam hati kecilnya ingin berkontribusi untuk negara Indonesia. "Ini kesempatan saya juga belajar banyak di bola basket. Ini kehormatan, saya bukan pemain basket, tapi bisa diajak menjadi ambassador," kata dia. 

Raffi menambahkan, tugasnya mensosialisasikan event FIBA Basketball World Cup 2023 dan menjaga nama baik Indonesia dalam persiapan dan saat event berlangsung. Menurut dia, penyelenggaraan FIBA Basketball World Cup 2023 di Indonesia nanti pasti akan dibandingkan dengan negara lain. Namun ia percaya, Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik.

"Tugas saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama menyukseskan event ini. Basket salah satu olahraga top dunia, akan ada pemain-pemain dunia yang akan datang ke sini. Kita harus tunjukkan masyarakat Indonesia benar-benar baik. Saya harus ikut mensosialisasikan bahwa Indonesia negara modern, maju, dan luar biasa," kata Raffi.

Ia mengaku akan memaksimalkan media sosial miliknya dalam acara-acara penting seperti misalnya undian FIBA Basketball World Cup 2023. Dalam acara-acara tersebut, ia akan membuat vlog dan ditayangkan di akun media sosialnya. Dalam unggahannya nanti, Raffi akan menggunakan tagar #FIBAWC dan #WinForAll.

"Apa pun kegiatan yang bisa saya kasih lihat, akan saya coba sosialisasikan supaya orang mendukung kampanye kita. Kita harus bisa menjadi tuan rumah yang baik. Kita harus tunjukkan di Indonesia bola basket bisa menjadi sesuatu yang luar biasa," tegasnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement