Rabu 31 Aug 2022 07:16 WIB

Sambut Haornas, Ratusan Jurnalis Hadirkan Journalist Games 2022

Kegiatannya akan berlangsung pada 31 Agustus hingga 2 September 2022

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar
Journalist Games 2022
Foto: istimewa
Journalist Games 2022

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menyambut Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Tahun 2022 dan menggemakan pola hidup sehat melalui olahraga, SIWO PWI Pusat bersama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI) menggelar Journalist Games 2022.

Ajang mengusung tema #bersamacetakjuara itu, diikuti wartawan dan pekerja media dari berbagai media massa nasional dan daerah. Kegiatannya akan berlangsung pada 31 Agustus hingga 2 September 2022.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung program Ayo Olahraga dan implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON),” kata Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI, Chandra Bhakti, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (31/8).

Bukan tanpa alasan event yang melibatkan ratusan jurnalis ini digelar. Mencapai kondisi fisik yang bugar melalui olahraga menjadi target yang harus diwujudkan setiap individu, termasuk para jurnalis.

“Sebagai elemen yang sangat melekat dengan aktivitas olahraga nasional, para jurnalis juga harus aktif berolahraga,” kata Chandra Bhakti dalam siaran pers.

Senada dengan Deputi IV, Hermansyah selaku Ketua Panitia Pelaksana Journalist Games 2022 juga menyebut pola hidup sehat dan tercapainya kondisi fisik yang prima sebagai tujuan digelarnya ajang ini. Selain juga untuk kian mengakrabkan rekan-rekan jurnalis olahraga yang biasa meliput olahraga nasional, termasuk aktivitas di Kemenpora RI.

“Melalui Journalist Games 2022 diharapkan rekan-rekan jurnalis kian terpacu untuk menjalankan pola hidup sehat melalui olahraga,” jelas Hermansyah yang juga berstatus wartawan olahraga senior dari Harian Terbit ini.

Ada tiga cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Journalist Games 2022 ini. Ketiga cabang itu adalah futsal, bulutangkis, dan basket 3 on 3.  Cabang futsal diikuti oleh 9 tim yang terbagi dalam 3 grup. Masing-masing grup dihuni oleh 3 tim.

Tim yang menyatakan siap bertarung di cabang futsal adalah Kemenpora A, Kemenpora B, Kemenpora Pers, Forum Wartawan Polda (FWP), Haornas FC, Parlemen FC, PSSI Pers, Pokja Jaksel, dan Balaikota DKI.

Sementara basket 3 on 3 diikuti oleh 9 tim yang dibagi ke dalam 3 grup. Sembilan tim yang ambil bagian di cabang ini adalah Jusraga, IBL Pers, Kemenpora, Kemenpora Pers, Kemenpora 2, Kemenpora 3, Pokja Hiburan, Akuatik Pers, dan PSSI Pers.

Untuk cabang badminton yang hanya mempertandingkan nomor ganda putra, 16 pasangan siap tampil. Mereka berasal dari Pokja Kemenpora Pers, Pokja SIWO KONI, Pokja DPR RI, Pokja Hiburan, Pokja Balaikota, Pewarta Foto, dan Kemenpora.

Format pertandingan cabang badminton menggunakan sistem setengah kompetisi satu grup 4 pasang, juara grup melaju ke semi final. Bagi pemenang tiap-tiap cabang disiapkan sejumlah uang dan piala.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement