Sabtu 03 Sep 2022 14:17 WIB

Klub-Klub Liga Primer Inggris Habiskan Rp 32 Triliun Sepanjang Bursa Transfer Ini

Forest paling banyak belanja dengan 21 pemain anyar pada musim panas kali ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Manchester United (MU) Erik Ten Hag (kiri) bersama pemain baru Iblis Merah, Antony.
Foto: Dok. Twitter MU
Pelatih Manchester United (MU) Erik Ten Hag (kiri) bersama pemain baru Iblis Merah, Antony.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Klub-klub Liga Primer Inggris terbukti menjadi paling royal dalam berbelanja pemain di jendela transfer musim panas 2022. Bahkan, secara total, pengeluaran klub-klub Liga Primer Inggris pada bursa transfer musim panas kali ini mencatatkan rekor baru. 

Berdasarkan temuan firma penyedia layanan finansial, Delloitte, klub-klub Liga Primer Inggris mengeluarkan dana transfer mencapai 1,9 miliar poundsterling atau sekitar Rp 32 triliun  pada musim panas kali ini. Nilai ini menjadi pengeluaran terbesar yang dikeluarkan klub-klub Liga Primer Inggris dalam satu edisi bursa transfer sepanjang sejarah. 

Baca Juga

Besaran ini bahkan lebih besar dari total pengeluaran pada dua kali jendela transfer musim 2017/2018, yang masih menjadi rekor pengeluaran terbesar klub-klub Liga Primer Inggris dengan total nilai mencapai 1,48 miliar poundsterling. Selain itu, belanja pemain klub-klub Liga Primer Inggris pada musim ini juga memecahkan rekor nilai pengeluaran dalam satu jendela transfer. 

Sebelumnya, rekor pengeluaran terbesar klub-klub Liga Primer Inggris dalam satu edisi jendela transfer tercatat pada musim panas 2017, yang mencapai 1,48 miliar poundsterling. Pemecahkan rekor pengeluaran dalam berbelanja pemain ini pun mengiringi pemecahkan rekor lainnya. Chelsea menjadi klub Inggris paling royal di bursa transfer pemain dengan membelanjakan dana sebesar 255,3 juta poundsterling. 

Angka ini melesat jauh dibandingkan musim panas 2021, saat Chelsea hanya mengeluarkan dana transfer sebesar 97,5 juta poundsterling. The Blues sekaligus memecahkan rekor sebagai klub dengan pengeluaran terbesar dalam satu edisi jendela transfer di sepanjang sejarah Liga Primer Inggris. 

Kehadiran pemilik baru (konsorsium pimpinan Todd Boehly) agaknya menjadi katalis meningkatnya pengeluaran Chelsea di bursa transfer. Selain Chelsea, Manchester United juga memecahkan rekor belanja pemain pada musim panas kali ini. Tidak pernah dalam sejarah klub, United menghabiskan dana transfer sebesar 202 juta poundsterling dalam satu jendela transfer, kecuali pada musim panas 2022. 

Melonjaknya dana belanja pemain United tidak terlepas dari keputusan manajemen klub untuk memboyong Antony dari Ajax Amsterdam. Dengan nilai transfer mencapai 85 juta poundsterling, winger asal Brasil itu menjadi salah satu rekrutan termahal di Liga Primer Inggris pada jendela transfer musim panas kali ini, bersanding dengan Darwin Nunez, yang direkrut Liverpool dari Benfica. 

Pemecahkan rekor belanja pemain United rasanya tidak terlepas dari bentuk dukungan manajemen klub terhadap rencana pelatih Erik ten Hag. Kehadiran pemilik baru ditambah kepercayaan pada pelatih baru dinilai menjadi salah satu alasan dalam keputusan klub untuk jor-joran dalam berbelanja pemain anyar pada musim panas kali ini. 

''Selain kepercayaan diri klub-klub, terutama terkait pemasukan dari hak siar, ada faktor lain yang mempengaruhi sejumlah klub. Kehadiran pemilik baru dan dukungan terhadap pelatih anyar dapat memberikan pengaruh,'' ujar Asisten Direktur Deloitte, Chris Wood, seperti dilansir Sky News, Sabtu (3/9/2022). 

Tidak hanya Chelsea dan Manchester United, Nottingham Forest juga mencatatkan rekor baru dalam urusan belanja pemain. Forest menjadi klub dengan koleksi rekrutan terbanyak dalam satu edisi bursa transfer di sepanjang sejarah Liga Primer Inggris. Total, Forest mendatangkan 21 pemain anyar pada musim panas kali ini. 

Sebelumnya, rekor ini digenggam oleh Crystal Palace saat mendatangkan 17 pemain pada musim panas 2013. Forest, yang kembali berkiprah di Liga Primer Inggris setelah absen sejak 1999, agaknya bertekad untuk bisa bertahan di kasta teratas kompetisi sepak bola Inggris tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement