Rabu 07 Sep 2022 04:29 WIB

Real Madrid dan Shakhtar Donetsk Curi Tiga Poin di Kandang Lawan

Real Madrid menang 3-0 dari Celtic, Shakhtar Donetsk menang 4-1 di markas RB Leipzig.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ratna Puspita
Eden Hazard dari Real Madrid merayakan gol ke gawang Celtic pada pertandingan grup F Liga Champions UEFA di Glasgow, Skotlandia, Selasa (6/9/2022) waktu setempat atau Rabu (7/9/2022) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/ROBERT PERRY
Eden Hazard dari Real Madrid merayakan gol ke gawang Celtic pada pertandingan grup F Liga Champions UEFA di Glasgow, Skotlandia, Selasa (6/9/2022) waktu setempat atau Rabu (7/9/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Real Madrid mengamankan poin penuh dengan kemenangan 3-0 saat bertandang ke markas Celtic pada matchday pertama Grup F Liga Champions 2022/2023 di Stadion Celtik Park, Rabu (7/9/2022) dini hari WIB. Serupa, Shakhtar Donetsk juga mencuri tiga poin setelah menang 4-1 di kandang RB Leipzig. 

Celtic memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Peluang langsung dimiliki saat Georgios Giakoumakis mengarahkan bola ke Liel Abada, tapi dia melihat tendangan rendahnya dari tepi kotak dibelokkan melebar dari tiang kanan oleh Eder Militao. 

Baca Juga

Real Madrid juga memberikan tekanan, seperti saat Federico Valverde menemukan ruang di sayap kanan dan dia mengarahkan umpan silang ke dalam kotak dari sayap kanan tetapi disapu oleh Cameron Carter-Vickers sebelum mencapai Karim Benzema. 

Pada menit ke-13, Jota mengolah bola dengan tepat melintasi lapangan dan berhasil melewati Ferland Mendy kemudian mengoper kepada Abada yang langsung melepaskan tembakan pertamanya. Namun, penyerang itu hanya bisa mengirim tembakan lemah yang mengarah ke Courtois.

Penyelamatan penting dilakukan Thibaut Courtois di menit ke-20, saat ia keluar dari barisannya untuk meninju umpan silang dari Jota. Reo Hatate memanfaatkan celah dan melepaskan tendangan voli yang melewati kerumunan tapi Courtois masih bisa memukulnya keluar.

Sepuluh menit berselang, peluang dimiliki Real Madrid saat Valverde menerima umpan di kotak penalti dari Dani Carvajal dan berbalik untuk menembak ke gawang. Namun, tendangan kaki kirinya meleset tipis melewati tiang dengan Joe Hart berjuang untuk menjangkau bola.

Di menit ke-43, Eden Hazard melepaskan umpan kepada Vinicius Junior melewati pertahanan Celtic dan dia menerobos ke gawang dengan hanya Hart untuk dikalahkan. Namun, mantan penjaga gawang Inggris itu berhasil menggagalkan peluang penyerang Madrid itu dengan kakinya.

Skor bertahan imbang tanpa gol di babak pertama.

Babak kedua dimulai, Madrid bermain lebih agresif. Mereka akhirnya memetik keunggulan pada menit ke-56 melalui gol yang diciptakan oleh Vinicius Junior. Valverde memberikan umpan silang dari sayap kanan. Vinicius berhasil memaksimalkannya untuk membawa Madird unggul 1-0.

Tanpa butuh waktu lama, empat menit berselang Real Madrid berhasil menggandakan keunggulan. Los Blancos mengambil kendali pertandingan saat Luka Modric mengalahkan Hart dengan tendangan kuat dengan bagian luar sepatunya. Skor 2-0 untuk Real Madrid. 

Selanjutnya, Hazard mempertegas kemenangan Madrid dengan gol ketiga dari tendangan jarak dekat di menit ke-77. Toni Kroos memulai pergerakan dengan umpan silang ke Carvajal di tiang belakang. Pemain Spanyol itu melepaskan umpan kepada Hazard yang tanpa penjagaan di tengah. Skor 3-0 berhasil dipertahankan Madrid hingga pertandingan berakhir. 

Sementara itu, di partai berbeda Shakhtar Donetsk yang juga berstatus sebagai tim tamu berhasil memetik tiga poin dari kemenangan 4-1 atas RB Leipzig. Shakhtar yang memimpin lebih dulu sempat ditahan imbang tapi berhasil mengembalikan keunggulan dengan tegas di waktu penuh. 

photo
Pemain Shakhtar Georgiy Sudakov, Artem Bondarenko, dan kiper Anatoliy Trubin merayakan kemenangan 4-1 atas RB Leipzig pada pertandingan grup F Liga Champions UEFA di Leipzig, Jerman, Selasa (6/9/2022) waktu setempat atau Rabu (7/9/2022) dini hari WIB. - (EPA-EFE/Filip Singer)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement