Selasa 13 Sep 2022 10:29 WIB

Termasuk Sang Mualaf, Inilah 10 Point Guard Terbaik untuk NBA Musim 2022/2023

Stephen Curry ternyata tidak menduduki peringkat pertama.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Guard Brooklyn Nets Kyrie Irving.
Foto: EPA-EFE/JASON SZENES
Guard Brooklyn Nets Kyrie Irving.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Peran seorang point guard dalam sebuah tim basket bisa dibilang yang paling sentral. Dari sanalah awal serangan tim diatur. Di NBA banyak point guard hebat dan terbukti mampu menjadi ruh bagi timnya. 

Baru-baru ini Josh Cohen dari OrlandoMagic.com memproyeksikan 10 point guard teratas di NBA selama musim 2022-23. Semua pendapat yang diungkapkan oleh Cohen adalah miliknya sendiri dan tidak mencerminkan pendapat Orlando Magic atau staf, mitra, atau sponsor Operasi Bola Basket mereka.

Baca Juga

 

10. James Harden

Banyak yang telah menghapus Harden, setidaknya bila mengingat apa yang pernah ia lakuka ketika masih bersama Houston Rockets. Tetapi ada obrolan yang dia lakukan musim panas ini untuk membuktikan bahwa para penentang itu salah. 76ers memiliki daftar pemain yang lebih baik sekarang di sekitar dia dan Joel Embiid, tetapi apakah mereka memiliki kedalaman yang cukup untuk melampaui tim elit Wilayah Timur lainnya?

 

Sebutan terhormat untuk daftar ini termasuk CJ McCollum, Jalen Brunson, Markelle Fultz, Cade Cunningham, De'Aaron Fox, Tyrese Haliburton, Jrue Holiday, Fred VanVleet, Jamal Murray, Josh Giddey, Marcus Smart, dan D'Angelo Russell.

 

 

9. Chris Paul

Sekarang CP sudah berusia 37 tahun, akankah kita melihat penurunan musim ini, atau akankah dia terus menua seperti anggur berkualitas? Dua musim terakhir, dia berada dalam percakapan MVP, meskipun dia sedikit kesulitan di babak playoff bersama Phoenix Suns. Tahun lalu, ia memimpin liga dalam assist per game untuk kelima kalinya dalam karier NBA-nya.

 

 

8. LaMelo Ball

Sering kali merupakan musim ketiga pemain ketika kita mengetahui dari kualitas pemain sebenarnya. Ball menjalani tahun kedua yang luar biasa, mencetak 20-plus poin 39 kali dan mencatatkan lima triple-double. 

Steve Clifford, kembali ke Charlotte sebagai pelatih kepala Hornets, biasanya meminta point guard-nya untuk bermain disiplin dan metodis. Tampaknya kebalikan dari bagaimana Ball suka bermain, tetapi, seperti yang kita lihat dengan Kemba Walker selama tugas pertamanya di Charlotte, Clifford telah melakukan pekerjaan yang baik dalam karirnya dengan memaksimalkan pemain terbaiknya.

 

 

7. Damian Lillard

Seberapa segar Lillard setelah melewatkan 47 pertandingan terakhir Portland musim lalu?  Dia dikatakan benar-benar sehat, tetapi apakah itu akan diterjemahkan ke dalam versi Hall of Famer masa depan yang lebih berenergi atau akankah karat datang seiring dengan absen begitu lama? Juga, apakah Blazers menambahkan cukup banyak di sekelilingnya untuk kembali ke babak playoff?

 

 

6. Kyrie Irving

Meskipun sang mualaf hanya bermain di 29 pertandingan musim reguler musim lalu, Irving masih terlihat seperti berada di puncak kariernya. Dia mencetak lebih dari 20 poin dalam 22 pertandingan itu, termasuk mencetak 50 poin melawan Hornets pada 8 Maret dan 60 poin terbaik dalam kariernya pada 15 Maret melawan Magic. Namun, apakah semua obrolan di luar musim tentang kemungkinan perdagangan menjadi pengalih perhatian atau motivasi?

 

 

5. Darius Garland

Akankah Cleveland memiliki lapangan belakang liga terbaik musim ini dengan Garland dan Donovan Mitchell?  Salah satu pemain yang paling berkembang tahun lalu, Garland mencatat tujuh penampilan dengan skor 30 poin plus pada musim 2021-22, termasuk pada 8 Maret ketika ia mencetak 41 poin terbaik dalam kariernya melawan Pacers. Ada beberapa harapan yang tinggi di Cleveland. Apakah Cavs masih terlalu muda untuk menjangkau mereka?

 

 

4. Trae Young

Tidak banyak pemain yang menyelesaikan musim reguler tahun lalu lebih kuat dari Young, yang mencetak 40 poin lebih tujuh kali selama tiga bulan terakhir. 

Namun penampilan individu terbaiknya datang sedikit lebih awal ketika ia meledak untuk mendapatkan 56 poin terbaik dalam kariernya bersama dengan memberikan 14 assist melawan Blazers pada 3 Januari 2022. Seberapa baik dia dan Dejounte Murray bersatu kemungkinan akan menentukan seberapa jauh Atlanta melangkah pada musim ini dan seterusnya.

 

 

3. Ja Morant

Morant, salah satu pemain liga paling elektrik, membawa permainannya ke level lain musim lalu, mencetak 30 poin atau lebih 24 kali, termasuk pada 28 Februari melawan Spurs ketika ia meledak untuk 52 poin tertinggi dalam kariernya. Bukan lagi tim kejutan, apakah Grizzlies memiliki perlengkapan lain di dalamnya, atau apakah mereka masih satu atau dua pemain lagi untuk menjadi penantang gelar yang sah?

 

 

2. Stephen Curry

Sekarang Curry telah meraih juara NBA empat kali usai memimpin Warriors meraih gelar musim lalu, Curry mencetak lebih dari 30 poin 21 kali selama musim reguler 2021-22, termasuk 50 poin untuk diikuti dengan tujuh rebound dan 10 assist pada 10 November 2021 saat melawan Hawks.  

Percakapan sekarang adalah apakah dia atau Magic Johnson sebagai point guard terhebat dalam sejarah NBA. Musim bintang lainnya bisa memantapkannya sebagai yang terbaik yang pernah memainkan posisi itu, meskipun dia dan Magic secara gaya sangat berbeda, sehingga sulit untuk menentukan siapa yang menempati peringkat di atas yang lain.

 

 

1. Luka Doncic

Sebagian besar tampaknya setuju bahwa Doncic, yang masih berusia 23 tahun, sudah menjadi pemain lima besar di liga.  Pertanyaannya sekarang adalah apakah, bahkan tanpa sidekick superstar, dia bisa memimpin Mavs ke kejuaraan.  

Dia mengambil langkah maju yang besar dalam mencoba mencapai itu musim lalu dengan membawa Dallas ke Final Wilayah Barat. Dia memasang beberapa angka konyol di babak playoff juga, mencetak 40 poin plus tiga kali dan 30 plus dalam sembilan dari 15 pertandingan pascamusim 2022 tempat dia tampil. 

Mari kita nantikan mampukah para point guard tersebut tampil cemerlang di musim mendatang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement