Sabtu 17 Sep 2022 07:35 WIB

Malam Ini, Persija Jakarta Berpeluang Rebut Puncak Klasemen

Persija wajib menaklukkan Madura United untuk mewujudkan ini.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Persija Jakarta merayakan kemenangan usai pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Ahad (11/9/2022). Barito Putera kalah melawan Persija Jakarta dengan skor akhir 0-1.
Foto: ANTARA/Bayu Pratama S
Pesepak bola Persija Jakarta merayakan kemenangan usai pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Ahad (11/9/2022). Barito Putera kalah melawan Persija Jakarta dengan skor akhir 0-1.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Duel dua tim papan atas akan tersaji antara Persija Jakarta melawan Madura United pada lanjutan pekan ke-10 Liga 1 Indonesia 2022/2023, yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (17/9/2022) malam WIB nanti.

Pertandingan yang mempertemukan peringkat satu dengan peringkat lima klasemen sementara Liga 1 Indonesia jelas akan berlangsung sengit. Tensi tinggi bakal tersaji sejak peluit kick off berlangsung.

Baca Juga

Macan Kemayoran, Persija saat ini berada di posisi lima klasemen dengan koleksi angka 20 dari enam menang, dua imbang dan sekali kekalahan.

Sementara Madura United menduduki kursi teratas mengumpulkan angka 22 dari tujuh menang, sekali seri dan satu kekalahan.

Alhasil laga nanti bisa menjadi pisau bermata dua bagi kedua klub, hasil akhir dapat mempengaruhi posisi teratas klasemen. Apabila Persija sukses mengunci kemenangan atas Madura United, maka skuad besutan Thomas Doll berpeluang naik ke podium pertama.

Namun, jika armada Fabio Lefundes mampu mengatasi taji Macan Kemayoran sekaligus membawa pulang tiga angka maka raihan poin kedua tim semakin menjauh.

Tampil sebagai tim tuan rumah, Persija Jakarta diprediksi bakal mendominasi pertandingan. Ditambah mereka tidak tersentuh kekalahan pun meraih kemenangan dalam lima partai beruntun.

Tentunya pelatih Riko Simanjuntak dan kawan-kawan berhasrat menjaga tren positif yang tengah mereka jalani.

"Kami memiliki intensitas yang tinggi. Laga ini jelas akan sulit, tetapi anak-anak berharap bisa melanjutkan apa yang telah kami capai dalam beberapa laga terakhir," kata pelatih Thomas Doll kepada media, Jumat (16/9/2022).

Adapun Persija terancam tidak akan diperkuat Ondrej Kudela serta penyerang Abdulla Yusuf Helal. Kedua pemain asing tersebut dipanggil untuk membela timnas masing-masing.

Ahli taktik Thomas Doll diyakini tidak akan mengubah strategi untuk meladeni tamunya. Andritany Ardhiyasa tetap menjadi pilihan pertama di pos penjaga gawang, pun dibentengi oleh tiga bek sejajar Hansamu Yama, Ilham Rio Fahmi. Sedangkan posisi Ondrej Kudella bisa diisi oleh Muhammad Ferarri.

Untuk lini depan Persija kembali bertumpu pada mesin gol andalan the Oranje, Michael Krmencik serta Riko Simanjuntak dan Hanno Behrens. Trisula tersebut dipercaya dapat meneror lini pertahanan Madura United.

"Kami dalam kondisi yang sangat baik dan tentu akan bekerja sekuat tenaga agar bisa mendapatkan tiga poin karena laga ini sangatlah penting," sambung Thomas Doll.

Tidak hanya Persija Jakarta, Madura United juga memiliki tren positif dari lima pertandingan terakhir,  dari lima pertandingan tersebut, Laskar Sape Kerrab meraih empat kemenangan dan hanya menelan satu kekalahan.

Namun, Madura United tidak pula datang untuk meraih hasil negatif. Esteban Vizcarra dan rekan setim tidak akan dengan mudah menyerahkan tahkta klasemen kepada Persija Jakarta.

Ahli taktik Madura United, Fabio Lefundes meminta anak asuhnya, terutama barisan belakang untuk bisa tampil solid dan tidak kehilangan konsentrasi demi menjegal pergerakan Krmencik beraksi.

"Lini depan Persija tengah on fire. Kami harus mewaspadai itu, termasuk pemain lainnya. Saya akan siapkan untuk meredamnya dan meminta anak-anak untuk menjaga konsentrasi selama pertandingan," kata Fabio.

Menukil catatan 25 pertemuan antara Persija kontra Madura United hasilnya cukup seimbang dengan Macan Kemayoran mengoleksi 10 kemenangan, pun sembilan kemenangan didapat Madura United dengan enam laga terakhir berkesudahan imbang.

Akan tetapi dalam dua partai terakhir Madura United sukses mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 3-1 pada 17 Maret 2022, dan 2-1 pada 28 Juni 2022 lalu. Kemenangan untuk Persija atas Madura United terakhir kali didapat pada 22 Oktober 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement