Sabtu 17 Sep 2022 18:03 WIB

Livescore Liga 1: Arema FC Menangkan Derbi Jatim, Ungguli Persik Kediri 1-0

Javier Roca meraih kemenangan pertamanya sebagai pelatih Arema FC.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Arema berhasil mengamankan kemenangan 1-0 atas Persik Kediri pada laga bertajuk derbi Jawa Timur (Jatim) dalam lanjutan pekan ke-10 Liga 1 Indonesia 2022/2023 di Stadion Brawijaya, Kediri, Sabtu (17/9/2022) petang. Gol semata wayang Singo Edan dicetak pada interval kedua melalui pemain pengganti Irsyad Maulana pada menit ke-81.

Hasil ini membuat posisi Arema naik ke peringkat sembilan dengan koleksi angka 14 dari empat kemenangan, dua seri dan empat kekalahan. Sedangkan Macan Putih, julukan Persik Kediri terkunci di posisi bawah klasemen mengumpulkan nilai tiga dari tiga seri dan tujuh kekalahan.

Baca Juga

Kemenangan ini juga menjadi yang pertama untuk Javier Roca membesut Arema. Uniknya, Roca sebelumnya melatih Persik.

Pertandingan berjalan cukup alot kedua tim masih belum tampil keluar hingga menit ke-10. Tidak ada peluang emas dari kedua belah klub.

Memainkan skema formasi yang sama 4-2-3-1 baik Persik Kediri dan Arema Malang masih sulit untuk membongkar pertahanan lawan.

Arema belum mempunyai kreativitas untuk membongkar rapatnya pertahanan Kediri yang dipimpin Arthur Silva dan Mario Yagalo sebagai bek tengah. Tak jauh berbeda, Macan Putih, julukan Persik, juga masih mentok saat bermain bola di tengah lapangan.

Memasuki menit ke-45 Persik nyaris membuka keunggulan lewat tandukan Vava Yagalo setelah menerima umpan dari tendangan sudut. Sayang bola masih dapat diselamatkan dengan baik oleh kiper Arema, Adilson Aguero dos Santos.

Satu menit berselang Persik kembali menciptkan peluang. Umpan Arsyad Yusgiantoro ke tengah kotak penalti coba ditanduk oleh Faris Aditama. Namun, lagi-lagi bola tepat ke kiper Adilson Aguero yang dengan mudah menangkapnya. Hingga wasit meniupkan peluit turun minum, skor kacamata masih bertahan.

Memasuki interval kedua, Persik meningkatkan intensitas serangan. Pasukan Divaldo Alves terus menekan pertahanan Singo Edan dalam 15 menit laga berlangsung.

Namun sayang beberapa percobaan dari penyerang Joanderson dan playmaker Da Silva masih belum membuahkan hasil manis bagi tuan rumah.

Pada menit ke-68 Joanderson mencoba peruntungan dengan melepas tembakan spekulasi dari luar kotak penalti. Lagi-lagi bola masih menjulur lebar ke sebelah kanan gawang Arema.

Arema terpaksa menarik keluar kiper Adilson Maringa yang terlihat kesakitan usai mendapat benturan. Adilson digantikan oleh Teguh Amiruddin pada menit ke-74.

Transisi dan akselerasi cepat ditunjukan Persik usai sepak pojok Arema dapat diantisipasi. Yohanes Pahabol yang mendapat umpan langsung berlari ke arah depan sebelum melepas tembakan. Sayang bola sepakannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang Singo Edan. Skor kacamata sampai menit ke-80 masih bertahan.

Arema memecah kebuntuan pada menit ke-81 setelah pemain pengganti Irsyad Maulana mencetak gol usai menerima umpan Rizky Ferbianto. Irsyad Maulana langsung melepas tembakan kaki kanan dari bagian tengah kotak penalti yang tak bisa diantisipasi Dikri Yusron. Skor 1-0 pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement