Selasa 20 Sep 2022 14:34 WIB

Immobile Sempat Berniat untuk Pensiun dari Timnas Italia

Immobile jadi salah satu sasaran kritik publik setelah Italia gagal ke Piala Dunia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Lazio dan timnas Italia, Ciro Immobile, merayakan gol.
Foto: EPA-EFE/MAURIZIO BRAMBATTI
Striker Lazio dan timnas Italia, Ciro Immobile, merayakan gol.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Penyerang Lazio, Ciro Immobile, mengaku sempat berpikir untuk pensiun dari timnas Italia buntut kegagalan Gli Azzurri tampil di putaran final Piala Dunia 2022. Namun, setelah berkomunikasi dengan pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, penyerang berusia 32 tahun itu mengurungkan niatnya tersebut.

Immobile menjadi salah satu sasaran kritik publik Italia pascakegagalan Gli Azzurri memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022. Tim besutan Roberto Mancini itu menyerah, 0-1, di tangan Makedonia Utara pada partai semifinal babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, akhir Maret lalu.

Baca Juga

''Benar, saya ingin pensiun (dari timnas Italia). Namun, kemudian saya berbicara dengan Mancini (pelatih timnas Italia). Saya menyadari, saya masih dibutuhkan di tim tersebut,'' kata Immobile seperti dikutip Football Italia, Selasa (20/9/2022).

Immobile merupakan top skorer Liga Italia musim lalu dengan koleksi 27 gol. Namun, performa mantan penyerang Juventus itu di timnas Italia tidak setajam di level klub. Terakhir kali, Immobile mencetak gol buat Gli Azzurri adalah pada penyisihan grup Euro 2020, pertengahan tahun lalu.

Performa Immobile bersama Gli Azzurri pun kerap terganggu cedera. Eks striker Borussia Dortmund itu terpaksa absen di empat laga terakhir La Nazionale lantaran mengalami cedera engkel, termasuk saat Italia dibungkam Jerman, 2-5, di lanjutan UEFA Nations League.

Berbagai kondisi ini, ditambah kritikan terhadap performanya di timnas Italia, menjadi pertimbangan Immobile saat berencana untuk mundur dari La Nazionale.

''Saat Anda mengalami kekecewaan yang begitu besar, Anda berpikir soal banyak hal. Namun, dengan pikiran yang lebih, saya berbicara dengan Mancini. Sepertinya, Italia masih membutuhkan saya,'' ujar Immobile.

Setelah sempat absen di skuad Gli Azzurri, penyerang yang telah mencetak lima gol dari tujuh laga di pentas Serie A Italia musim ini tersebut kembali dipanggil oleh Mancini. Immobile disertakan dalam skuad Italia, yang bakal melakoni dua laga lanjutan UEFA Nations League, kontra Inggris dan Hungaria, akhir bulan ini.

Immobile pun mengungkapkan, kehadiran pemain-pemain veteran masih dibutuhkan di timnas Italia untuk membimbing para pemain yang lebih muda.

''Kami ingin membuat transisi di timnas berjalan dengan mulus. Seperti yang dikatakan pelatih, kini kami harus bersiap untuk menatap Euro dan Piala Dunia edisi berikutnya,'' jelas pengoleksi 55 caps buat timnas Italia tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement