Selasa 27 Sep 2022 10:18 WIB

Persimpangan Karier Seorang Cristiano Ronaldo

Ronaldo masih merasa bisa tampil di level atas meski usianya sudah 37 tahun.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Bintang Manchester United dan timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. Masa depan Ronaldo di Man United menjadi topik hangat yang diperbincangkan.
Foto: AP/Sergei Grits
Bintang Manchester United dan timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. Masa depan Ronaldo di Man United menjadi topik hangat yang diperbincangkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak spekulasi berkembang tentang masa depan Cristiano Ronaldo ketika ia menyampaikan keinginannya hengkang dari Manchester United (MU) pada musim panas kemarin demi tetap tampil di Liga Champions. Sebab Iblis Merah tak bisa mengabulkan keinginan sang bintang karena tak punya tiket untuk tampil di kompetisi trofi kuping lebar.

Ronaldo masih merasa bisa tampil di level atas meski usianya sudah 37 tahun. Ia kemungkinan besar akan memimpin Portugal di Piala Dunia 2022 Qatar bulan November mendatang. Tetapi ia juga masih menargetkan tampil di Piala Eropa musim panas tahun 2024 di Jerman.

Baca Juga

"Ini perjalanan yang panjang, tetapi saya ingin mengatakan bahwa jalan saya belum berakhir. Saya masih termotivasi dan ambisi saya tinggi. Saya ingin menjadi bagian dari Piala Dunia ini dan Kejuaraan Eropa juga,” kata Ronaldo beberapa hari lalu dikutip dari ESPN, Senin (26/9/2022).

Pada Piala Eropa 2024, Ronaldo akan berusia 39 tahun. Namun kemampuan dan usahanya agar tubuhnya tetap bugar tak perlu dipertanyakan lagi. Maka dari itu ia membutuhkan tim yang bisa membantunya agar tetap bermain di level atas hingga Piala Erop 2024. Tetapi masa depannya di klub kini berada di persimpangan jalan.

CR7, julukan Ronaldi, dihadapkan pada beberapa pilihan jalan yang harus ditempuh. Hanya ada satu keputusan yang harus diambil yakni bertahan atau tetap melanjutkan niatnya hengkang dari Old Trafford. Lantas apa langkah Ronaldo selanjutnya terkait masa depan karier sepak bolanya?

Ada tiga opsi yang mungkin bisa terjadi dalam karier Ronaldo. Pertama mantan bintang Rael Madrid itu bisa pergi pada Januari 2023 nanti. Ia bisa mencari klub yang bersedia memberikan kesempatan kepadanya kembali tampil di Liga Champions sekaligus berkesempatan menambah koleksi gelar Eropanya.

Namun itu tergantung kepada Manchester United apakah akan bersedia membiarkannya pergi. Sebab Man United sepertinya tak akan agresif di bursa transfer Januari di saat pelatih MU Erik ten Hag krisis penyerang. Kendati demikian, kemungkinan Ronaldo hengkang masih terbuka.

Meninggalkan MU pada musim panas mendatang adalah opsi kedua yang bisa diambil Ronaldo. Hal ini akan memberikan waktu bagi Ronaldo memilih klub terbaik bagi kariernya sekaligus memberikan kesempatan mencetak gol lebih banyak lagi, gelar, dan juga jalan menuju Piala Eropa 2024.

Ronaldo menandatangani kontrak dua tahun saat kembali ke MU pada 2021. Januari 2023, ia bisa melakukan negosiasi dengan klub lain sebelum kemungkinan menyandang pemain bebas transfer di akhir musim. Di sinilah kesempatan CR7 terbuka lagi tampil di Liga Champions.

Namun jika akhirnya Ronaldo tak punya peluang kembali ke Liga Champios, ia bisa membuka kemungkinan berkarier di luar Eropa. Minat dari klub-klub Arab Saudi musim panas kemarin dapat dipertimbangkan.

Dan opsi terakhir, Ronaldo memperpanjang kontrak di Old Trafford. Erik ten Hag musim panas panas kemarin mengakui Ronaldo dapat bertahan lebih lama.

Kontrak dua tahun Ronaldo yang ditandatanganinya pada 2021 memiliki klausul opsi tambahan hingga 2024. Jika MU memiliki musim yang bagus dan kembali ke Liga Champions musim depan, CR7 mungkin memilih bertahan di Kota Manchester.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement