Kamis 13 Oct 2022 07:36 WIB

Penalti Pemain Iran Hancurkan Tuan Rumah Leverkusen 3-0

Porto mengambil alih tempat kedua di Grup B Liga Champions.

Pemain Bayer Leverkusen, Moussa Diaby (kanan), duel udara dengan pemain Porto,Mehdi Taremi (kiri), dalam laga penyisihan Grup B Liga Champions di Leverkusen, Jerman, pada Rabu (12/10/2022).
Foto: EPA-EFE/SASCHA STEINBACH
Pemain Bayer Leverkusen, Moussa Diaby (kanan), duel udara dengan pemain Porto,Mehdi Taremi (kiri), dalam laga penyisihan Grup B Liga Champions di Leverkusen, Jerman, pada Rabu (12/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua gol dari dua penalti yang disarangkan pemain asal Iran, Mehdi Taremi, membawa Porto menang meyakinkan 3-0 atas tuan rumah Leverkusen dalam pertandingan Grup B Liga Champions. Satu gol lainnya dicetak Wanderson Galeno dalam pertandingan yang digelar di BayArena, Jerman, pada Kamis (13/10) dini hari WIB tersebut.

Galeno memecah kebuntuan pada menit keenam dengan aksi solonya, yang baru digandakan oleh Taremi pada menit 53. Gol berlanjut dengan penalti lainnya yang juga dilesakkan Taremi pada menit 64.

Sebaliknya kiper Porto, Diogo Costa, menggagalkan tendangan penalti Kerem Demirbay. Porto mencetak satu gol dan dua gol penalti saat mereka meraih kemenangan 3-0 di Bayer Leverkusen. Porto mengambil alih tempat kedua di Grup B Liga Champions dengan dua pertandingan tersisa.

Dipimpin pelatih baru Xabi Alonso, Leverkusen langsung kebobolan pada menit keenam yang dibuat Galeno. Masuk sebagai starting lineup, Galeno membalas kepercayaan pelatihnya dengan mengontrol umpan silang dengan sentuhan pertama. Ia pun menaklukkan kiper Leverkusen dari sudut sempit pada menit keenam.

Kiper Diogo Costa juga bermain cemerlang. Pada menit ke-16, ia menyelamatkan gawang Porto dari tendangan penalti Kerem Demirbay. Costa juga melakukan beberapa penyelamatan luar biasa, termasuk ketika menggagalkan upaya Amine Adli pada awal babak kedua.

Taremi lalu menggandakan kedudukan untuk tim tamu pada menit ke-53 dengan mengecoh kiper Lukas Hradecky. Sebelas menit kemudian Galeno hampir mencetak gol lagi, tapi tendangannya melenceng dari tiang gawang.

Galeno pula yang memaksa Odilon Kossounou menjatuhkan dirinya di kotak penalti Leverkusen sehingga Porto dihadiahi penalti untuk kedua kalinya. Taremi kembali sukses menjalankan tugasnya menendang penalti pada menit 64.

Kemenangan ini mengangkat Porto ke posisi kedua klasemen Grup B dengan 10 poin. Sedangkan, pemuncak klasemen Club Brugge sudah memastikan lolos setelah imbang tanpa gol melawan Atletico Madrid.

Leverkusen terkunci pada tempat keempat dengan tiga poin. Atletico berada pada urutan ketiga dengan empat poin.

 

sumber : ESPN
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement