Jumat 14 Oct 2022 04:14 WIB

Gol Telat McTominay Pastikan MU Menang dan Lolos 16 Besar Liga Europa

Pemain MU Scott McTominay menyarangkan gol ke gawang Omonoia pada injury time

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Scott McTominay menjadi penentu kemenangan Manchester United (MU) 1-0 atas tamnya Omonoia pada matchday keempat Grup E Liga Europa 2022/2023 di Stadion Old Trafford, Manchester, Jumat (14/10) dini hari WIB.
Foto: Martin Rickett/PA via AP
Scott McTominay menjadi penentu kemenangan Manchester United (MU) 1-0 atas tamnya Omonoia pada matchday keempat Grup E Liga Europa 2022/2023 di Stadion Old Trafford, Manchester, Jumat (14/10) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Scott McTominay menjadi penentu kemenangan Manchester United (MU) 1-0 atas tamnya Omonoia pada matchday keempat Grup E Liga Europa 2022/2023 di Stadion Old Trafford, Manchester, Jumat (14/10) dini hari WIB.

Gol semata wayang McTominay pun capaian tiga poin tersebut praktis memastikan MU mengamankan satu tiket untuk lolos ke babak selanjutnya. Tim berjuluk Iblis Merah berada di peringkat dua klasemen dengan perolehan angka sembilan dari tiga menang dan sekali kekalahan.

Baca Juga

MU tertinggal tiga angka dari pemuncak klasemen Real Sociedad. Sedangkan, Sheriff tertahan di posisi ketiga. Dengan dua laga tersisa maka raihan angka MU dan juga Sociedad sudah tidak bisa dikejar oleh dua pesain di bawah.

Manchester United langsung tancap gas sejak peluit babak pertama berbunyi. Beberapa percobaan melalui Cristiano Ronaldo dan Antony terjadi.

Pada menit ke-8 Ronaldo mendapatkan peluang dari sudut kiri. Penyerang asal Portugal itu langsung melepaskan tembakan keras menggunakan kaki kanan. Sayang bola masih melebar dari gawang Omonoia.

Dua menit berselang giliran Marcus Rashford mencoba peruntungannya. Winger muda asal Inggris itu melakukan pergerakan yang membuat bek Omonoia terjatuh di dalam kotak penalti. Namun sayang tembakannya masih bisa diblok.

Omonoia yang terus ditekan terlihat lebih mengandalkan serangan balik dengan memanfaatkan kesalahan pemain MU. Pada menit ke-20 Rashford gagal memanfaatkan peluang emas setelah menerima umpan terobosan Bruno Fernandes. Tembakan Rashford masih bisa dibaca oleh kiper Omonoia yang dikawal Francis Uzoho.

Nyaris! kapten Bruno Fernandes melepas tembakan plesing dari luar kotak penalti pada menit ke-24. Sayang bola masih melebar di sisi sebelah kanan gawang Omonoia.

Francis Uzoho masih cukup kokoh bagi penyerang MU. Rashford yang terlihat ngotot untuk mencetak gol kembali mencoba peruntungannya dengan melesakan tembakan dari luar kotak penalti. Tetapi, Francis Uzoho dengan sigap bisa membaca arah bola.

Upaya Ronaldo pada menit ke-31 juga masih belum dapat mengubah papan skor. Tembakan pemilik lima Ballon d'Or dari tengah melayang tipis di sebelah kanan gawang Omonoia.

Nahas! dewi fortuna belum berpihak pada MU. Tembakan keras Casemiro menggunakan kaki kanan dari luar kotak penalti membentur tiang gawang.

Banyak peluang emas yang dibuang oleh penggawa MU. Fred jadi yang kesekian kalinya, berdiri dengan posisi yang bagus di depan gawang Omonoia tandukan Fred masih belum tepat sasaran.

Omonoia yang memiliki satu peluang justru disia-siakan. Penyerang Bruno Felipe yang lepas dari kawalan Lindelof langsung berlari dan melakukan tembakan yang melambung tinggi ke atas gawang David De Gea.

Tercatat MU telah melepaskan 10 tembakan dengan lima tembakan tepat mengarah ke gawang Omonoia. Tetapi, hingga peluit turun minum berbunyi belum ada satu gol pun tercipta.

Memasuki interval kedua tak ada yang berbeda. Manchester United tetap menguasai jalannya pertandingan hingga memasuki menit ke-60.

Rashford terlihat frustasi setelah kembali menyia-nyiakan peluang pada menit ke-59. Winger asal Inggris itu berhadapan dengan kiper namun tembakannya masih melebar di sebelah kanan gawang Omonia.

Pelatih Ten Hag melakukan rotasi dengan menarik keluar Antony dan Malacia digantikan oleh Jadon Sancho serta Luke Shaw. Pergantian pemain pun tak mengubah papan skor. Berbagai peluang masih juga belum berujung pada gol, para pendukung Setan Merah terlihat cemas melihat timnya gagal memanfaatkan beberapa peluang di lini depan.

Scott McTomninay keluar sebagai pahlawan setelah mencetak gol pada menit ke-90+3 setelah menerima umpan mendatar dari Jadon Sancho di dalam kotak penalti.

Gol McTominay sekaligus menutup pertandingan dengan kemenangan tipis MU 1-0 dari wakil asal Cyprus tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement