Senin 17 Oct 2022 17:55 WIB

Qatar Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Kalahkan Indonesia dan Korsel

Qatar dianggap siap jadi tuan rumah Piala Asia karena akan menggelar Piala Dunia.

Qatar tuan rumah Piala Asia 2023.
Foto: AFC
Qatar tuan rumah Piala Asia 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden AFC Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa mengumumkan Qatar resmi menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Ia mengapresiasi PSSI serta KFA (Federasi Sepak Bola Korea Selatan) yang turut berpartisipasi dalam pemilihan tuan rumah.

Seperti dilansir situs resmi AFC, Senin (17/10/2022), Salman mewakili AFC dan keluarga sepak bola Asia memberikan selamat kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar yang telah terpilih menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Baca Juga

Ia menambahkan, pemilihan Qatar sebagai tuan rumah tidak terlepas dari kemampuan serta infrastruktur yang saat ini ada di sana, menyusul diselenggarakannya Piala Dunia 2022 mulai November mendatang.

"Saya juga harus memuji AFC karena menunjukkan profesionalisme terbaik dalam melakukan proses penawaran cepat yang adil dan transparan dan saya berterima kasih kepada semua mitra komersial dan sponsor kami atas kesabaran mereka selama masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini," ujar Salman.

"Mengingat waktu persiapan yang singkat, kami tahu bahwa kerja keras segera dimulai tetapi dengan infrastruktur kelas dunia yang ada dan kemampuan penyelenggaraan yang tak tertandingi, kami yakin bahwa Qatar akan menampilkan tontonan yang layak sesuai dengan prestise dan status permata mahkota Asia," sambungnya.

Komite Eksekutif AFC juga mempertimbangkan proposal penawaran untuk Piala Asia AFC 2027 dan memilih Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dan Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) sebagai dua penawar terakhir dengan keputusan tuan rumah akan diambil oleh Kongres AFC pada pertemuan berikutnya pada Februari 2023.

Keputusan itu menutup proposal penawaran QFA yang dianggap mundur dari persaingan menjadi tuan rumah pada 2027 menyusul keberhasilannya menjadi host pada 2023 sesuai dengan ketentuan penawaran yang berlaku.

Football Australia menarik diri dari proses penawaran Piala Asia AFC 2023 pada 1 September 2022, sementara Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan dan Federasi Sepak Bola Republik Islam Iran secara resmi menarik tawaran mereka masing-masing untuk menjadi tuan rumah Piala Asia AFC 2027 pada 14 Desember 2020, dan 13 Oktober 2022.

"Sekali lagi, kami berterima kasih kepada tiga Asosiasi Anggota kami, Federasi Sepak Bola Seluruh India, Asosiasi Sepak Bola Qatar dan Federasi Sepak Bola Arab Saudi, yang telah mengajukan tawaran kuat untuk menjadi tuan rumah Piala Asia AFC 2027," Salman menerangkan.

"Kami juga harus mengakui Federasi Sepak Bola Republik Islam Iran dan Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan karena mengisyaratkan niat mereka untuk menjadi tuan rumah edisi 2027 dan Football Australia karena menunjukkan minat mereka untuk turnamen 2023," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement