Kamis 20 Oct 2022 04:29 WIB

Taklukkan West Ham 1-0, Liverpool Berhasil Jaga Tren Positif

Darwin Nunez menjadi pahlawan kemenangan Liverpool.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Joko Sadewo
Pemain Liverpool Darwin Nunez menjadi pahlawan kemenangan Liverpool atas West Ham.
Foto: AP/Scott Heppell
Pemain Liverpool Darwin Nunez menjadi pahlawan kemenangan Liverpool atas West Ham.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool berhasil mengamankan tiga poin saat menjamu West Ham United pada lanjutan pekan ke-12 Liga Primer Inggris di Stadion Anfield, Kamis (20/10/2022) dini hari WIB. Darwin Nunez membawa kemenangan Liverpool 1-0 atas West Ham.

West Ham memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Di menit kedua, Alisson membuat kesalahan fatal di area pertahanan sendiri dengan tendangan yang jatuh di kaki Rice. Beruntuk Van Dijk berhasil menghalau umpan yang masuk ke kotak penalti.

Peluang emas dimiliki Liverpool di menit ke-10 saat Alexander-Arnold menerima umpan terobosan di sisi kanan kotak penalti kemudian melepaskan umpan silang depan gawang, tapi kiper Fabianski, berhasil membaca arah bola dan mengamankanya sebelum mencapai Nunez yang siap melepaskan tembakan di tiang jauh.

Tim tamu terus menekan pertahanan West Ham. Peluang lainnya dimiliki Nunez di menit ke-14. Mantan pemain Benfica itu memukul bola dengan setengah voli, tetapi Fabianski berada di posisi yang tepat untuk menepis tendangan Nunez melewati mistar gawang.

Liverpool akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit ke-22. Nunez menunjukkan mengapa Liverpool membayar mahal untuk jasanya di musim panas dengan sundulan yang indah. Umpan silang sempurna Tsimikas memungkinkan Nunez untuk menyerangkan bola dengan tandukan memantul melewati Fabianski.

Skor sementara 1-0, tapi Liverpool masih ingin terus menambah keunggulan mereka. Pasalnya hanya berselang satu menit, Nunez dan Fabianski saling berhadapan sekali lagi, tetapi yang pertama hanya bisa melepaskan tembakannya ke badan pemain Hammers, yang meninju bola dengan mudah.

Liverpool hampir menggandakan keunggulan mereka di menit ke-35. Alexander-Arnold berhasil mencapai area pertahanan terakhir West Ham tapi ia memutuskan untuk mengoper daripada menembak. Salah berada di sana tapi tendangan pemain internasional Mesir itu terbang melewati tiang jauh.

Nunez tampil gemilang malam ini. Ia hampir menggandakan keunggulan di menit ke-39 ketika melepaskan tembakan yang menggetarkan tiang gawang Fabianski sebelum kemudian melepaskan tembakan susulan dari bola rebound. Layak untuk mengatakan dia menyebabkan masalah bagi pertahanan The Hammers.

West Ham mendapat hadiah penalti setelah wasit meliat VAR atas pelanggaran yang dilakukan oleh Gomez kepada Bowen. Bowen mengeksekusi tendangan titik putih tapi Alisson berhasil menepisnya. Skor bertahan 1-0 bagi Liverpool hingga turun minum.

Di babak kedua, Liverpool langsung memberikan tekanan. Kombinasi satu-dua antara Henderson dan Salah berhasil menerobos pertahanan West Ham, namun sang kapten The Reds hanya bisa melepaskan tendangan melengkung di atas mistar gawang.

Klopp melakukan pergantian tiga pemain, Elliott masuk menggantikan Nunez, Curtis Jones masuk menggantikan Fabio Carvalho dan Fabinho masuk menggantikan Thiago Alcantara. Keputusan yang menarik dari Klopp untuk membuat tiga perubahan, tetapi timnya tidak mengontrol jalannya pertandingan sejak kegagalan penalti Bowen.

Di menit ke-70, Benrahma memaksa Alisson melakukan penyelamatan, dengan kiper Liverpool tidak menerima bantuan dari bek. Umpan silang menyebabkan masalah bagi Alexander-Arnold dan Gomez, tetapi tendangan voli Benrhama tidak cukup kuat untuk membobol gawang Alisson.

Di menit ke-78, Zouma hampir mencetak gol ke gawangnya sendiri saat ia berusaha memotong umpan silang Henderson. Beruntung bagi West Ham pantulan bola hanya melintas di atas mistar gawang. Liverpool harus puas dengan hanya mendapatkan tendangan sudut.

Tidak ada gol tambahan tercipta hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. Liverpool berhak mendapatkan tiga poin setah meraih kemenangan ini. Ini membuktikan Liverpool telah bangkit dan berhasil menjaga konsistensi.

Susunan pemain kedua tim:

 

Liverpool (4-4-2): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Konstantinos Tsimikas; Mohamed Salah, Jordan Henderson, Thiago, Fabio Carvalho; Roberto Firmino, Darwin Nunez.

 

Pelatih: Jurgen Klopp 

 

West Ham (4-3-3): Lukasz Fabianski; Ben Johnson, Thilo Kehrer, Kurt Zouma, Aaron Cresswell; Flynn Downes, Declan Rice, Tomas Soucek; Jarrod Bowen, Gianluca Scamacca, Pablo Fornals.

 

Pelatih: David Moyes

 

Advertisement
Berita Lainnya