Jumat 21 Oct 2022 10:14 WIB

Man United Siap Memutus Kontrak Ronaldo pada Pertengahan Musim Ini

Man United akan melepas Ronaldo dengan status free transfer.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain depan Manchester United, Cristiano Ronaldo. Man United dikabarkan siap melepas Ronaldo pada bursa transfer Januari 2023.
Foto: AP/Jon Super
Pemain depan Manchester United, Cristiano Ronaldo. Man United dikabarkan siap melepas Ronaldo pada bursa transfer Januari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United dikabarkan siap mengakhiri kontrak Cristiano Ronaldo apabila peraih lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) itu tidak mendapatkan klub anyar pada jendela transfer pertengahan musim ini, Januari 2023 mendatang. Sikap Ronaldo di laga kontra Tottenham Hotspur, Kamis (20/10/2022) dini hari WIB, jadi pemicu rencana Iblis Merah tersebut.

Manajemen Man United bahkan rela melepas pemain berusia 37 tahun itu dengan status free transfer pada pertengahan musim ini.

Baca Juga

''Man United membuka peluang untuk mengakhiri ikatan kontrak dengan Ronaldo pada pertengahan musim ini. Apabila tidak ada klub yang berminat memboyong Ronaldo, maka Man United akan melepasnya secara gratis pada Januari mendatang,'' tulis laporan INews, Jumat (21/10/2022).

Saat ini, Ronaldo diketahui masih memiliki sisa kontrak selama kurang lebih delapan bulan lagi bersama Iblis Merah atau akan habis pada 30 Juni 2023 mendatang. Dengan opsi tambahan selama satu tahun, Ronaldo diikat dengan kontrak berdurasi dua tahun saat direkrut dari Juventus pada Agustus 2021 silam.

Ronaldo resmi kembali ke Man United setelah sempat membela Iblis Merah pada 2003 dan 2009. Namun, dengan situasi yang terus berkembang, terutama soal sikap Ronaldo, Man United siap mengakhiri ikatan kerja sama tersebut.

Bintang asal Portugal itu kedapatan sudah meninggalkan laga Man United kontra Spurs sebelum pertandingan di Stadion Old Trafford itu benar-benar berakhir. Dalam laga yang berujung untuk kemenangan Iblis Merah, 2-0, atas Spurs itu, Ronaldo terlihat sudah berjalan menuju ruang ganti saat laga memasuki menit ke-89.

Kabarnya, Ronaldo kecewa dengan keputusan pelatih Man United Erik ten Hag untuk tidak menurunkannya pada pertengahan laga. Sikap Ronaldo itu memicu langkah tegas dari manajemen Iblis Merah.

Ronaldo dicoret dari skuad Man United di laga berikutnya, tepatnya saat berhadapan dengan Chelsea pada pekan ke-13 Liga Primer Inggris, Sabtu (22/10/2022) waktu setempat.

Tidak hanya itu, Ronaldo juga tidak diperkenankan berlatih bersama tim utama Iblis Merah jelang laga tersebut. Kabarnya, keputusan manajemen Man United ini tidak terlepas dari masukan Ten Hag. Pelatih asal Belanda itu dilaporkan kecewa dan marah terhadap sikap Ronaldo tersebut.

Pada musim ini, Ten Hag memang tidak segan untuk mencoret Ronaldo dari tim inti Iblis Merah. Dari 12 laga yang telah dilakoni di semua ajang pada awal musim ini, Ronaldo hanya lima kali tampil sebagai starter.

Bahkan, di pentas Liga Primer Inggris, Ronaldo hanya dua kali merumput sejak menit pertama dari delapan kesempatan tampil. Ini bukan pertama kalinya Ronaldo dikabarkan bakal mengakhiri kerja sama dengan Man United.

Pada awal musim ini, eks winger Sporting Lisbon itu begitu santer siap meninggalkan Iblis Merah lantaran kehilangan kesempatan tampil di Liga Champions. Namun, hingga jendela transfer musim panas resmi ditutup, Ronaldo tetap bertahan di Man United.

Selain keinginan manajemen Man United untuk mempertahankan Ronaldo, klub-klub peminat Ronaldo juga menemui kendala besar dalam usaha mendatangkan mantan pemain termahal sejagat tersebut. Besaran gaji menjadi salah satu kendala utama kepindahan Ronaldo. Belum lagi dengan ego besar sang megabintang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement