Selasa 25 Oct 2022 04:15 WIB

Aston Villa Angkat Unai Emery Jadi Pelatih, Gantikan Steven Gerrard yang Dipecat

Emery akan mulai melatih Aston Villa pada 1 November setelah izin kerja turun.

Unai Emery meninggalkan Villarreal untuk melatih Aston Villa.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Unai Emery meninggalkan Villarreal untuk melatih Aston Villa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Unai Emery tidak bisa menahan diri untuk kembali sepak bola Inggris. Ia meninggalkan posisinya sebagai pelatih Villarreal pada Senin (24/10/2022) untuk mengisi kursi pelatih Aston Villa yang lowong setelah ditinggalkan Steven Gerrard yang dipecat.

"Aston Villa dengan bangga mengumumkan penunjukan Unai Emery sebagai pelatih kepala baru klub . Pelatih level atas yang sangat berpengalaman yang telah menangani lebih dari 900 pertandingan, Unai juga sebelumnya pernah melatih di Liga Primer selama beberapa dengan Arsenal, memimpin the Gunners ke final Liga Europa,"bunyi pernyataan Villa dikutip dari BBC.

Baca Juga

Ini akan menjadi peridoe kedua Emery di Liga Primer Inggris, setelah melatih Arsenal pada 2018/2019. Dia menolak kesempatan untuk menjadi manajer Newcastle pada Oktober tahun lalu setelah pembelian klub oleh Dana Investasi Publik Arab Saudi. EMery kala itu mengatakan Villarreal adalah rumahnya dan dia ingin "terus menjadi bagian dari proyek ini."

Setahun kemudian, Emery telah memutuskan untuk kembali ke Inggris, mengakhiri tugasnya selama 2,5 tahun di Villarreal di mana ia memenangkan Liga Europa, gelar yang juga ia raih tiga kali di Sevilla. Emery juga pernah menjadi pelatih Paris Saint-Germain.

Villa mengatakan Emery akan mulai tugasnya sebagai manajer pada 1 November setelah formalitas izin kerjanya selesai. Kontraknya di Villarreal akan berakhir pada akhir musim. BBC melaporkan, Villa telah membayar biaya pembelian sekitar 5,2 juta pound (Rp 91,4 miliar) untuk Emery yang berusia 50 tahun.

Emery akan mengadakan konferensi pers perpisahan di tempat latihan Villarreal Selasa (26/10/2022), kata klub Spanyol itu. Direktur sepak bola Miguel Angel Tena akan memimpin tim untuk sementara sampai pelatih baru dipekerjakan.

Gerrard dipecat beberapa jam setelah Villa kalah dari Fulham 3-0 pada hari Kamis. Villa mengalahkan Brentford 4-0 tiga hari kemudian dan berada di posisi ke-14 di liga.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement