Rabu 26 Oct 2022 01:58 WIB

Tasya Akhirnya Tampil di Kejuaraan Dunia Junior Setelah Menanti Dua Tahun

Tasya menghadapi wakil Korea Selatan pada babak ketiga Kejuaraan Dunia Junior 2022.

Pebulu tangkis junior Indonesia Tasya Farahnailah
Foto: Dok Humas PBSI
Pebulu tangkis junior Indonesia Tasya Farahnailah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Tasya Farahnailah akhirnya bisa mencicipi atmosfer persaingan di Kejuaraan Dunia Junior atau BWF World Junior Championships (WJC) 2022 setelah menanti selama dua tahun.

Pada awal 2020, Tasya yang kala itu berusia 16 tahun bergabung dengan Pelatnas PBSI untuk masuk skuad Kejuaraan Dunia Junior. Sayang, WJC 2020 batal bergulir karena pandemi COVID-19. Kondisi serupa juga terjadi satu tahun kemudian atau pada 2021.

Baca Juga

Setelah dua tahun menanti, Tasya akhirnya berkesempatan tampil untuk kali pertama dan terakhir dalam persaingan tertinggi di level junior yang bergulir di Palacio de Deportes de Santander, Santander, Spanyol, 24-30 Oktober.

"Saat masuk pelatnas umur saya baru 15 menuju ke 16 tahun. Saya disiapkan untuk ikut di Kejuaraan Dunia Junior. Namun karena pandemi COVID-19, dua kali turnamen ini tidak digelar," kata Tasya dalam keterangan tertulis PBSi di Jakarta, Selasa (25/10/2022).

"Saya sempat bertanya-tanya juga, apakah mimpi saya bermain di Kejuaraan Dunia Junior masih ada? Saya coba jalani saja dan ternyata masih dikasih kesempatan," ujarnya menambahkan.

Dalam WJC 2022, pebulu tangkis kelahiran Medan, 17 Agustus 2004 itu melakoni debut di babak kedua setelah mendapat bye karena berstatus unggulan ketujuh. Dia pun memulai langkahnya, Selasa, dengan kemenangan atas wakil tuan rumah Cristina Teruel dua gim langsung 21-11, 21-8.

"Tadi sempat tegang karena ini pertama kali saya turun tapi seiring berjalannya pertandingan, perasaan tegang itu hilang," kata Tasya.

"Kondisi lapangan sangat baik, hanya lampu saja agak silau. Mainnya juga sudah lumayan enak tapi besok harus lebih siap dan lebih baik lagi," ujarnya menambahkan.

Pada babak ketiga, Tasya akan berhadapan dengan wakil Korea Selatan Kim Min-ji yang sebelumnya menang atas Natalie Chie asal Amerika Serikat (AS) dengan skor 21-11, 21-10. Tasya menargetkan gelar juara untuk menutup karier juniornya. "Semua pemain pasti maunya yang terbaik, semoga saya bisa juara," kata Tasya.

Selain Tasya, wakil Indonesia di sektor tunggal putri yang lolos ke babak ketiga adalah Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Mutiara Ayu Puspitasari.

Ester melaju usai mengalahkan sesama wakil Indonesia Deswanti Hujansih Nurtertiati dengan 21-10, 21-11. Dia selanjunya akan menghadapi tunggal putri Latvia Anna Kupca.

Sementara Mutiara menang atas pebulu tangkis Swedia Elin Ryberg dengan 21-19, 21-18. Pada babak ketiga, Mutiara menghadapi Ong Xin Yee asal Malaysia.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement