Rabu 26 Oct 2022 12:23 WIB

86 Atlet Tampil pada Kejurnas Angkat Besi Senior Pupuk Indonesia 2022 di Sentul

Para peserta Kejurnas merupakan atlet yang lolos dari persyaratan MATP.

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Pupuk Indonesia Senior Pupuk Indonesia 2022 yang diikuti 86  atlet dari 18 provinsi resmi dibuka pada Selasa(25/10/2022)
Foto: Dok. Web
Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Pupuk Indonesia Senior Pupuk Indonesia 2022 yang diikuti 86 atlet dari 18 provinsi resmi dibuka pada Selasa(25/10/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Pupuk Indonesia Senior Pupuk Indonesia 2022 yang diikuti 86  atlet dari 18 provinsi resmi dibuka pada Selasa(25/10/2022) di Ballroom Hotel Lorin, Sentul, Bogor, Jawa Barat. 

Pembukaan secara resmi dihadiri oleh Direktur Produksi PT. Pupuk Indonesia (Persero) Bob Indiarto, Wakil Umum (Waketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Soewarno, serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB.PABSI), Djoko Pramono. 

Baca Juga

Kejurnas mempertandingkan sebanyak 14 kelas di kategori Senior putra-putri, yakni kelas 55kg, 61kg, 67kg, 73kg, 81kg, 89kg dan +89kg(putra). 

Sedangkan kelas yang dipertandingkan di bagian putri masing-masing, 45kg, 49kg, 55kg, 59kg, 64kg, 71kg, serta +71kg.

Para peserta Kejurnas merupakan atlet yang lolos dari persyaratan MATP(Minimal Angkatan Total Pertama) di masing-masing kelas yang dipertandingkan. 

Kepada awak media Direktur Produksi PT Pupuk Indonesia, Bob Indiarto mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung pembinaan prestasi cabang olahraga angkat besi hingga Olimpiade Paris 2024 mendatang. 

"Sebagai perusahaan BUMN kami mempunyai tanggung jawab untuk mendukung pembinaan prestasi cabang olahraga khususnya angkat besi. Karena prestasi atlet angkat besi telah mendunia dan setiap ada event international prestasinya terus meningkat," ungkapnya. 

Bob Indiarto yang mewakili Direktur Utama PT. Pupuk Indonesia menyampaikan harapan pihaknya agar angkat besi dapat berprestasi pada Olimpiade mendatang. “Semoga lagu Indonesia Raya dapat berkumandang di Olimpiade Paris,”ujar Bob berharap Angkat Besi menjadi kebanggaan Indonesia.

Mewakili Ketua Umum KONI Pusat, Soewarno berharap agar dari Kejurnas ini lahir atlet-atlet muda baru yang akan mewakili Indonesia di kancah International. 

"Karena kita tahu bahwa angkat besi harapan bagi kita semua. Pasalnya, angkat besi merupakan salah satu cabang olahraga pilihan dalam program Design Besar Olahraga Nasional(DBON), " kata Soewarno. 

Terpisah, Sekjen PABSI, Djoko Pramono, misi dari Kejurnas kali ini adalah memberikan wadah kompetisi bagi para atlet senior agar pembinaan atlet di daerah berjalan secara kontinyu. 

"Kami berterima-kasih kepada PT Pupuk Indonesia yang ikut mendukung pembinaan prestasi di tubuh PABSI. Kami berharap, dukungan ini akan terus berlanjut. Pasalnya, pembinaan prestasi harus terus bergulir salah satunya dengan memberikan kompetisi kepada para lifter remaja, junior, serta senior, "ungkap Djoko Pramono. 

Djoko Pramono juga mengatakan, dukungan PT. Pupuk Indonesia menjadi tepat kepada cabang olahraga yang potensial untuk membanggakan bangsa dan negara melalui prestasi. Ketum KONI Pusat yakin, nantinya Angkat Besi akan mempersembahkan medali emas pada Olimpiade.

“Pada Olimpiade Paris 2024 nanti, kita lihat Angkat Besi akan mempersembahkan emas,” sebutnya optimistis. “Dengan dukungan yang diberikan berbagai pihak, Insya Allah atlet-atlet kita akan membuat kita bangga ketika tampil pada Olimpiade nanti,” sambungnya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Hadi Wihardja mengatakan, dari Kejurnas ini terjadi pemecahan rekor  baik nasional maupun international. 

"Luar biasa antusias daerah menghadapi Kejurnas ini. Meski berselang satu bulan daerah sudah menyiapkan atlet seniornya untuk tampil dan menunjukkan pembinaan yang konsisten. Saya berharap ada pemecahan rekor, " paparnya. 

Sementara itu, lifter Jawa Timur, Luluk Diana berhasil mengulang suksesnya membawa pulang tiga emas pada Kejurnas Angkat Besi Remaja dan Junior Pupuk Indonesia 2022 lalu di Jogjakarta. 

Luluk Diana yang juga tampil di kelas 49kg Senior pada Kejurnas kali ini, kembali tampil memukau dengan menyabet 3 emas dari tiga jenis angkatan yang dilakukannya. 

Tak hanya itu, Luluk Diana juga mampu mempertajam seluruh angkatannya di Kejuaraan Angkat Besi Dunia Remaja dan Junior di Meksiko dan Kejurnas Angkat Besi Remaja dan Junior 2022 di Jogjakarta beberapa waktu lalu. 

Pada angkatan Snatch, ia berhasil mempertajam angkatannya seberat 1kg dari 75kg menjadi 76kg.Begitu juga pada angkatan Clean and Jerk, ia berhasil mempertajam 1kg menjadi 96kg,  serta Total Angkatan seberat 172 kg. 

Dibagian putra, lifter asal Aceh, Irrahman yang tampil di kelas 55kg berhasil meraih tiga emas dengan angkatan Snatch seberat 92kg, Clean and Jerk 113kg, serta Total Angkatan 205kg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement