Rabu 26 Oct 2022 15:08 WIB

Shin Tae-yong akan Benahi Dua Kelemahan Timnas U-20 Indonesia Selama TC di Turki

Timnas U-20 kurang maksimal melakukan pressing dan masih sering kehilangan bola.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong mengamati pemain saat memimpin latihan.
Foto: ANTARA/Moch Asim
Pelatih timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong mengamati pemain saat memimpin latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-20 telah menjalani pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, sejak 16 Oktober lalu dan akan berlangsung hingga 4 November 2022. Tim asuhan Shin Tae-yong telah melakoni laga uji coba perdana melawan klub lokal Cakallikli Spor, Senin (24/10/2022).

Skuad Garuda Nusantara menunjukkan hasil positif setelah unggul tipis 2-1 atas Spor dalam pertandingan yang digelar di Lapangan Kempinski Hotel Football. Meskipun menang Shin masih memiliki catatan yang harus dibenahi Muhammad Ferarri dkk menjelang uji coba melawan timnas Turki U-20, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga

"Memang bisa saja dibilang tim lawannya lemah, tetapi tetap saja kami melawan tim senior. Jadi materi pertandingan secara keseluruhan baik," kata Shin dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (25/10/2022).

Meski menang, juru taktik asal Korea Selatan itu menilai masih ada kekurangan dalam tim. Ia menyebut anak asuhnya kurang maksimal dalam melakukan pressing dan masih sering kehilangan bola. "Jadi kelemahan saat ini kalau kehilangan bola itu mereka suka berdiri diam saja. Seharusnya pemain kami pressing biar lawan tidak dapat peluang yang baik atau serangan balik," jelasnya.

Menurut Shin, kelemahan dan kekurangan para pemain secara perlahan harus diperbaiki. Tapi secara keseluruhan, pelatih usia 52 tahun itu menyebut ada perkembangan signifikan yang ditunjukan oleh para pemain. Adapun fokus latihan selama satu pekan terakhir adalah meningkatkan kekuatan fisik dan skill dasar olah bola.

Kapten timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri, bersyukur bisa membantu tim meraih kemenangan perdana di Turki. Menurutnya, ini menjadi awal yang bagus dan dapat meningkatkan kepercayaan diri para pemain.

"Kami sudah mulai kompak seperti yang telah dilakukan seperti saat bermain di Kualifikasi Piala AFC. Jadi ini persiapan yang bagus. Untuk lusa kami akan melawan Turki, ya mungkin kami masih ada kekurangan seperti komunikasi dan passing-passing yang tidak perlu," kata Ferarri.

Uji coba melawan Spor merupakan bagian dari program TC Timnas U-20 di Turki. Skuad Garuda Nusantara sedang bersiap untuk tampil di Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023. Ada 34 pemain yang dibawa Shin selama TC di Turki. Tapi, ada satu nama tambahan yang akan menyusul, yakni kiper Cahya Supriadi.

Selama di Turki, timnas U-20 dijadwalkan menjalani sejumlah laga uji coba. Lawan-lawan yang bakal dihadapi adalah Spor, Turki U-20, dan Moldova U-20.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement