Kamis 27 Oct 2022 16:45 WIB

Kiprah Lionel Messi di Liga Champions Belum Habis

Messi seakan sudah kembali ke performa terbaiknya bersama PSG musim ini.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi dari PSG merayakan setelah mencetak gol keempat timnya selama pertandingan sepak bola Grup H Liga Champions antara Paris Saint-Germain (PSG) dan Maccabi Haifa, di Stadion Parc des Princes, di Paris, Prancis, Selasa, 25 Oktober 2022.
Foto: AP/Christophe Ena
Lionel Messi dari PSG merayakan setelah mencetak gol keempat timnya selama pertandingan sepak bola Grup H Liga Champions antara Paris Saint-Germain (PSG) dan Maccabi Haifa, di Stadion Parc des Princes, di Paris, Prancis, Selasa, 25 Oktober 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai menjalani periode sulit sejak pertama kali mendarat di klub ibu kota Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) pada musim lalu, Lionel Messi kini langsung tancap gas dan menunjukkan apabila kualitasnya belum habis. Messi berandil besar membawa PSG menang telak 7-2 atas Maccabi Haifa pada lanjutan Grup H Liga Champions 2022/2023.

Hasil di Stade de Princes, Rabu (26/10/2022) dini hari WIB, membuat PSG keluar sebagai pemuncak klasemen Grup H mengoleksi 11 poin sekaligus lolos ke babak 16 besar.  Brace Messi pada menit ke-19 dan menit ke-44 dan Kylian Mbappe menit ke-32, serta menit ke-64 berhasil dilengkapi oleh sepasang gol Neymar Jr pun Carlos Soler dan juga gol bunuh diri Sean Goldberg.

Baca Juga

"Saya melihat para pemain menikmati diri mereka sendiri, dan itu sangat penting. Saya puas dengan performa kami terutama dengan apa yang telah diberikan oleh Messi dengan tim ini," kata pelatih PSG Christophe Galtier menjelaskan purnalaga dilansir laman resmi UEFA.

Menariknya, Messi keluar sebagai player of the match setelah menghasilkan dua gol serta dua assist. Aksi tersebut menciptakan sederet pencapaian apik dan rekor mentereng La Pulga, julukan Messi.

Kedua gol dan dua assist yang diciptakan di laga ini membuat Messi menjadi satu-satunya pemain di lima liga top Eropa yang sudah membukukan dua digit gol dan assist. Menukil Opta, rincian yang dibuat Messi yakni 11 gol dan 12 assist dari total 16 pertandingan bersama Les Rouge et Bleu, julukan PSG, sejauh musim ini.

Catatan tersebut membuat Messi mengalahkan jumlah total gol plus assist yang dibuat legenda Brasil, Pele. Messi selama kariernya total sudah membuat 1.127 gol dan assist, unggul satu dari Pele yang membuat kombinasi 1.126 gol dan assist.

Selain itu, Messi mencetak gol dari luar kotak penalti sebanyak satu kali dan catatan tersebut membuatnya mengungguli sang rival, Cristiano Ronaldo, di pentas Liga Champions. Sejak debutnya pada musim 2004/2005, Messi sudah menyarangkan bola ke gawang lawan dari luar kotak penalti sebanyak 23 kali.

Messi mengungguli Ronaldo yang hanya mampu membuat 22 kali dan musim ini tidak berpartisipasi di Liga Champions bersama Manchester United. Situasi yang sejatinya bisa membuat perasaan Ronaldo gusar.

Dua seteru bebuyutan itu menghabiskan sebagian besar kariernya bersaing melawan satu sama lain. Hasilnya, keduanya menghuni puncak top skorer sepanjang masa Liga Champions dengan sang kapten Portugal lebih unggul dari Messi.

Ronaldo yang sudah menaklukkan kompetisi elite Eropa lima kali bersama Man United dan Real Madrid telah mencetak 140 gol ke gawang klub-klub elite Liga Champions. Sementara, Messi memperpendek celah torehan gol dengan hanya tertinggal 11 gol dari Ronaldo.

Messi seakan sudah kembali ke performa terbaiknya. Penyerang asal Argentina usia 35 tahun itu akan berusaha untuk menjaga performa tersebut buat PSG di pekan-pekan terakhir kalender kompetisi klub sebelum Piala Dunia 2022 Qatar bergulir bulan depan.

Messi memetik buah dari kesabaran sepanjang musim lalu. Tanda tanya besar para fan PSG soal reputasinya dan rumor tentang kepulangannya ke Barcelona sirna. Tetapi, kini sang bintang membuktikan tak hanya bersama dengan Barcelona, ia juga dapat menciptakan sensasi dan reputasi saat memperkuat Les Parisien. Fokus utama Messi musim ini bersama PSG adalah merengkuh trofi juara Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement