Jumat 28 Oct 2022 18:00 WIB

Shin Tae-yong Evaluasi Dua Kelemahan Timnas Indonesia U-20

Shin yakin anak asuhannya bisa memetik pelajaran penting dari pertandingan uji coba.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong mengamati pemain saat memimpin latihan.
Foto: ANTARA/Moch Asim
Pelatih timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong mengamati pemain saat memimpin latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia U-20 memperoleh hasil yang kurang memuaskan dalam pertandingan uji coba melawan Turki U-20, Rabu (26/10/2022) malam WIB. Pertandingan yang digelar di Manavgat, Antalya, itu berakhir dengan skor 2-1 untuk kekalahan skuad asuhan Shin Tae-yong.

Laga uji coba tersebut merupakan bagian dari agenda pemusatan latihan (TC) skuad Garuda Nusantara selama di Eropa yang merupakan bagian dari persiapan untuk menghadapi Piala Asia U-20 di Uzbekistan pada tahun depan, serta Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Baca Juga

Pada laga tersebut, timnas U-20 Indonesia harus mengakui keunggulan tim besutan Ali Nadir Baskan. Turki berhasil mencetak dua gol ke gawang Indonesia yang masing-masing dilakukan pada babak pertama dan kedua. Setelah itu pada menit-menit akhir pertandingan, Dony Tri Pamungkas mencetak gol untuk memperkecil kekalahan.

Shin Tae-yong menilai permainan anak asuhnya di babak pertama tidak berjalan sesuai rencana. Pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan, permainan sedikit membaik di babak kedua dan anak asuhnya bisa bermain sesuai ritme yang diinginkan. Kendati kalah, Shin yakin Marselino Ferdinand dkk bisa memetik pelajaran penting dari pertandingan tersebut.

"Skor kalah 1-2 dan memang babak pertama tidak begitu baik tetapi babak kedua baik. Jadi sebenarnya ini awal mula adaptasi melawan tim-tim Eropa. Melalui pertandingan hari ini banyak yang didapat untuk para pemain," kata Shin dilansir laman PSSI, Kamis (27/10/2022).

Pelatih berusia 52 tahun itu mengungkapkan dua masalah yang perlu dibenahi pasukan Garuda Nusantara. Pertama adalah pada bagian penyerangan lantaran kurang tajam dalam memberikan ancaman ke gawang Turki U-20. Selain itu, masalah transisi dari menyerang ke bertahan juga harus lebih diperbaiki.

"Penyerangan dan juga saat di counter attack oleh lawan itu yang harus kami persiapkan dan antisipasi kami selanjutnya," jelas mantan pemain timnas Korea Selatan itu.

Sementara itu, Dony Tri Pamungkas mengaku kecewa tidak bisa meraih hasil maksimal pada laga ini. Ia berjanji akan bekerja lebih keras di latihan supaya ke depan tampil lebih baik. "Memang dari hasil mengecewakan, tetapi kami semua akan berusaha lagi supaya lebih baik lagi ke depan. Komunikasi di lapangan akan kami perbaiki lagi agar bermain lebih oke dan kompak," kata dia.

Pada laga uji coba selanjutnya, Marselino Ferdinand dkk akan menjajal kekuatan timnas Moldova U-20 dalam dua pertandingan yang akan digelar pada 1 dan 4 November 2022. Selain itu, Shin juga mengomentari hasil drawing Piala AFC U-20 2023. Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Suriah, dan Irak.

"Kalau kami persiapkan dengan baik, pasti kami lolos ke babak selanjutnya. Saya yakin itu," kata Shin menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement