Rabu 09 Nov 2022 19:23 WIB

Shayne Pattynama tak Sabar untuk Segera Perkuat Timnas Indonesia

PSSI diminta untuk tetap mengutamakan pembinaan atlet-atlet muda dalam negeri.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
Shayne Pattynama
Foto: football database
Shayne Pattynama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon pemain naturalisasi Shayne Pattynama mengaku sudah tidak sabar untuk memperkuat tim nasional Indonesia.

Proses naturalisasi Shayne tinggal beberapa langkah lagi setelah Komisi III DPR RI menyetujui untuk merekomendasikan kewarganegaraan kepadanya.

Sebagai informasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI bersama PSSI menggelar rapat bersama Komisi III DPR RI, Rabu (9/11/2022) siang WIB.

Rapat tersebut membahas agenda permohonan naturalisasi Shayne Pattynama. Ketum PSSI Mochamad Iriawan juga turut serta dalam rapat tersebut.

Poses naturalisasi Shayne akan berlanjut ke sidang paripurna DPR RI. Setelah itu, Shayne tinggal menunggu Surat Keputusan Presiden turun. Keppres tersebut nantinya akan diteken oleh Presiden RI, Joko Widodo.

"Terima kasih atas semuanya, hari ini saya sangat bersyukur. Dengan ini, saya juga semakin dekat untuk mengabulkan keinginan ayah saya yang sangat menginginkan saya untuk bermain bersama tim nasional Indonesia," kata Shayne dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (9/11/2022).

"Mimpi saya dan ayah saya itu sangat besar, saya sangat ingin membela tim nasional Indonesia dan juara bersamanya. Saya berharap proses ini bisa berjalan dengan lancar," tambahnya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengingatkan bahwa langkah naturalisasi hanya sebagai salah satu opsi mendesak untuk meningkatkan prestasi timnas.

Selebihnya, ia meminta PSSI untuk tetap mengutamakan pembinaan atlet-atlet muda dalam negeri.

"Kita tetap bertumpu kepada pembinaan karena talenta kita tidak kurang, akademi-akademi di klub-klub itu juga melakukan pembinaan," kata Zainudin Amali.

"Jadi kita tidak mengandalkan naturalisasi. Naturalisasi adalah jangka pendek," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement