Rabu 16 Nov 2022 08:57 WIB

Lionel Messi: Karier Saya di Dunia Sepak Bola tak akan Lama Lagi

Setelah Piala Dunia 2022, Messi diprediksi akan mulai memikirkan kariernya.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Reaksi bintang asal Argentina, Lionel Messi, yang kini memperkuat PSG.
Foto: AP/Christophe Ena
Reaksi bintang asal Argentina, Lionel Messi, yang kini memperkuat PSG.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Lionel Messi mengakui kalau kariernya di sepak bola sudah memasuki fase-fase akhir. Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) itu saat ini sudah berusia 35 tahun, dan hampir dipastikan Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi yang terakhir untuknya.

Setelah Piala Dunia 2022, Messi diprediksi akan mulai memikirkan kariernya.

Baca Juga

Messi mengungkapkan dirinya telah mewujudkan mimpi untuk menjadi bagian dari tim nasional Argentina. Mimpi yang selalu menemaninya sejak masih kecil.

Kini, Messi merasa telah selesai mengejar ambisinya dan lebih menikmati waktu bersama keluarga dan bermain sepak bola untuk menjalani kesenangannya.

Tapi ada satu misi besar yang belum diwujudkan La Pulga, yaitu mempersembahkan gelar Piala Dunia untuk Argentina. Dan Qatar, akan menjadi kesempatan terakhir baginya. Apalagi, Messi merasa waktunya di dunia sepak bola sudah tidak akan lama lagi.

''Satu-satunya hal yang saya lakukan sepanjang hidup saya adalah bermain sepak bola. Saya yakin apapun yang saya lakukan setelahnya akan berhubungan dengan sepak bola. Meskipun saya tidak tahu, saya tidak berpikir akan bermain lebih lama lagi,'' kata Messi dikutip dari Football-Espana, Rabu (16/11/2022).

Messi baru saja menjalani perubahan kehidupan yang dramatis. Ia harus meninggalkan Barcelona dan menuju Paris. Sesuatu yang tidak diinginkannya sama sekali. Namun krisis keuangan di Barca membuatnya harus pergi meninggalkan klub yang telah dibelanya selama dua dekade.

''Tahun pertama (di PSG) adalah perubahan besar dan butuh waktu lama. Saya tidak boleh menikmati semuanya karena itu adalah keputusan yang tiba-tiba datang,'' jelas Messi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement