Kamis 17 Nov 2022 17:56 WIB

PSSI Kebut Perpindahan Federasi Jordi-Sandy demi Piala AFF

Sandy dan Jordi harus berpindah federasi untuk bisa memperkuat timnas Indonesia.

Sandy Walsh (kiri), Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kiri), Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun (kedua kanan) dan Jordi Amat berfoto bersama.
Foto: dok Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta
Sandy Walsh (kiri), Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kiri), Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun (kedua kanan) dan Jordi Amat berfoto bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan pihaknya mengebut pengurusan proses perpindahan federasi Jordi Amat dan Sandy Walsh, dua pesepak bola yang baru menjadi WNI. Ini agar mereka dapat memperkuat tim nasional Indonesia di Piala AFF 2022.

"Kami akan bersurat ke FIFA tentang perubahan federasi tersebut. Semoga semua prosesnya cepat selesai," ujar Iriawan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga

Agar bisa bermain untuk timnas Indonesia, Sandy dan Jordi masih harus melalui proses perpindahan federasi setelah resmi menjadi WNI. Sandy, yang sebelumnya berkewarganegaraan Belanda, wajib berganti federasi dari KNVB ke PSSI, sementara Jordi (Spanyol) dari RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol). 

Namun, PSSI belum dapat memastikan berapa lama proses perpindahan federasi itu tuntas. Yang pasti, nama keduanya akan masuk dalam daftar besar (maksimal 70 nama) pemain timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 yang wajib dimasukkan ke AFF maksimal 20 November 2022.

"Harap bersabar karena semua proses harus dilalui," kata Iriawan.

Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) usai melakukan pengambilan sumpah janji setia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis.

Jordi Amat (30 tahun) dan Sandy Walsh (27 tahun) merupakan pesepak bola berposisi bek keturunan Indonesia, masing-masing berkewarganegaraan Spanyol serta Belanda, dan lama berkarier di Eropa.

Jordi sempat memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis, dan kini merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta'zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang tak pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022 - 16 Januari 2023. Pada turnamen itu, tim nasional Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad "Garuda".

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement